Kamis, 03 November 2011

wajah belantika musik indonesia

Pas semalem gue nonton tivi (entah di acara apa itu gue lupa) gue ngeliat ada 3 orang cowok lagi nyanyi (lypsing maksud saya) sambil nari nari yang narinya itu energik banget. Pertama gue mikirnya adalah mereka bertiga Cuma penari latar yang lagi nungguin penyanyi aslinya keluar. karna gue kira gak mungkin banget dia bisa nyanyi sambil joget jungkir balik kayak gitu dan ternyata dugaan gue salah ternyata mereka itu yang baru nyanyiin lagu tadi. gue gak habis pikir gimana mereka bisa mengatur nafas mereka sehingga bisa melakukan salto sambil tetep nyanyi dengan lancar, gak ada sedikitpun suara ngos – ngosan yang terdengar dan saat itu juga gue langsung mikir, pasti sebentar lagi mereka bakal jadi artis indonesia yang bakal go internasional. Bayangin aja boyband mana yang bisa melakukan hal sama seperti mereka. Westlife? Blue? Simple plan? Linkin park? Gak ada satupun dari mereka yang bisa nyanyi sambil salto.
Tapi argumen gue tadi segera gue cabut kembali setelah gue nonton lanjutan acara tadi. kenapa? Karna gue liat kumpulan cowok – cowok (yang jumlahnya lebih banyak dari yang pertama gue lihat tadi) nyanyi sambil joget – joget yang gak kalah hebohnya  dari yang pertama tadi. dan dengan secepat mungkin gue berusaha untuk mikir dengan hal yang positif terlebih dahulu dan saat itu yang ada dipikarn gue ternyata di indonesia banyak sekali boyband yang punya potensi luar biasa (kalo saja) mereka (bener – bener) nyanyi sambil salto, jungkir balik, lompat indah dan berbagainya mereka bisa bikin CIRCUS KELILING. Karna apa? Karna mereka baru saja memperlihatkan bakat akrobatik yang luar biasa men!! Apa kalian pernah liat pemain sirkus yang bisa nyani sambil salto dan gak ada sedikitpun suara yang putus, gak ada men!! Dan mereka bisa melakukannya.
Semakin lama gue nonton acara itu semakin banyak juga boyband ataupun girlband yang perform di panggung itu tapi tak ada satupun dari mereka yang bener bener nyanyi. Mereka hanya lypsing sambil joget – joget gak penting juga mereka nyanyi apa yang penting merekas bisa joget dengan hebih, gak kebayang kalo mereka perform satu panggung dan secara bersamaan mungkin panggungnya bisa roboh. Mungkin selama ini mereka mikir boyband2 yang tersebar di penjuru dunia hanya mengandalkan tampang yang ganteng dan bisa nari. Jadi menurut gue boyband di indonesia itu cuman sekumpulan orang yang bisa joget gak jauh beda sama dancer. Liat aja mereka nyanyinya aja lypsing bukan cuma nyanyiin lagunya sendiri bahkan sampai lagunya orangpun mereka udah nyiapin versi lypsingnya mereka. Gue inget banget itu pas kejadiaannya saat itu mereka lagi battle gitu sama girlband yang jumlahnya 7orang dan mereka nyanyi lagunya ME (boyband jaman taun 99an kalo gak salah) yang judulnya inikah cinta dan gue sangat terkesan ngeliatnya. Gue ngomong sama diri gue sendiri “gue bakal liat boyband yang bakal perform secara live (bukan lypsing) untk pertama kalinya” gue sampe ngerasa gak percaya bisa dengerin lagu itu. Pertama gue denger intronya yang ada dipikiran gue “wah, fresh banget musiknya” (meskipun gue gak tau musik) dan lama kelamaan gue denger bait pertama dari lagu mereka dan gue sangat shock karna gue sekali lagi di kecewain dengan suara lypsing mereka, ternyata yang selama ini gue tunggu tunggu hanyalah halusinasi belaka.
Dari sekian banyak boyband yang bermunculan ada satu boyband yang pas pertama kali gue liatnya gue jadi pengen nangis dan boyband itu adalah “biang k-rock”. Apakah yang bikin gue nangis? Bukan nama bandnya, bukan lagunya, tapi salah satu personelnya. Pertama gue liat personelnya kebanyakan pelawak (yang gue lupa siapa aja) tapi ada satu yang bikin gue nangis, di dalam boyband itu ada ki joko bodo (moga aja dia gak baca) yang ikut nyanyi dan juga joget gak jelas (meskipun kaku banget). Apa dia lupa kalau dia itu seorang paranormal? Secara sadar ataupun gak sadar dia baru saja menjatuhkan martabat paranormal yang mestinya angker dan berwibawa tinggi. Disini dia malah nyanyi dan joget joget gitu, itu sangat gak ber-pri ke-paranormalan sekali.
Sebenernya apakah mereka gak sadar atu memang telah di butakan oleh ke-populeran di dunia ini. Kita gak butuh tampang ganteng atau pun jogetan yang heboh. Yang kita butuhkan itu kualitas men!! Jujur aja gue gak suka sama boyband di asia semacam SuJu atau shiny dll. Karna kualitas mereka gak begitu bagus, mereka Cuma ganteng dan bisa nari. Yang kita butuhkan itu boyband sekelas westlife ataupun blue. Mereka punya kualitas dalam menyanyi dan kebetulan mereka ganteng. Berbalik dengan yang ada di indonesia, mereka ganteng dan kebetulan bisa nyanyi.
Tapi apapun itu mereka ada di negara indonesia dan gue selalu berharap dengan adanya mereka bisa menjadi pelajaran bagi generasi penerus di masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar