Sabtu, 03 Desember 2011

masa lalu menentukan masa depan seorang mahasiswa

“mau nerusin kuliah dimana?” pertanyaan itu terus terusan dateng ke gue sampe rasanya gue pengen melarikan diri ke hutan aja biar pertanyaan biadab itu gak terdengar di teling gue, tapi gue tau kalo gue gak bisa pup sambil jongkok jadi gue terpaksa pulang lagi ke rumah (oke gue tau kalo gak nyambung). Memang setelah gue mulai menginjak kelas XII dan menendang jauh kelas XI sambil ngencingin anak kelas VII orang tua gue sering banget nanyain mau nerusin ke mana setelah lulus nanti. Pantes aja sodara gue semuanya udah jadi orang sukses. Kakak pertama gue udah jadi eksekutif muda, kakak kekdua gue gak kalah jauh dari kakak pertama gue, kakak gue yang terakhir udah mau wisuda S2 di malaysia, Cuma gue aja yang kencingnya belom lurus. Dan sebagai sodara yang baik ke empat sodara gue selalu memberi petunjuk kemana gue harus melangkah. Tapi saking banyaknya sodara gue dan karna gue yang multitalent (baca=plinplan) jadi pilihannya banyak banget.

Kakak gue yang terakhir bernama Fahri dia adalah seorang sarjana komputer di salah satu universitas swasta di semarang yang sekarang sedang mengerjakan tesisnya di universitas di melaka, malaysia, memang memiliki pengalaman dalam hal ilmu tekhnologi lebih banyak di banding sodara gue yang lain. Karna dia cukup sukses dalam kuliahnya di jurusan tehnik informatika orang tua gue selalu nyuruh gue untuk nerusin sekolah sama persis kayak kak fahri. Tapi gue bukan orang yang suka nerusin hasil karya orang lain. Gue lebih seneng kalo gue bisa mengharumkan nama gue sendiri pake kispray daripada pake axe parfum (maksudnya dari jerih payah sendiri). Karna sebelumnya gue udah pernah bilang sama kaka gue kalo seandainya gue kuliah nanti gue gak pengen lama lama bergulat sama angka. Bukan karna gue bodoh tapi buat bedain uang seribuan sama lima ribuan aja gue mesti cium baunya dulu (baca-gak bisa ngitung) jadi dia gak lagi nawarin gue ngambil jurusan tehnik informatika karna disana banyak ngafalin rumusnya. Setelah kak fahri mencoba bertapa mencarikan gue jurusan sekolah yang tepat buat saya akhirnya dia mengusulkan kepada gue buat ngambil jurusan yang gak jauh – jauh dari komputer (karna gue dari kecil udah suka maen komputer) yaitu desain komputer visual ato lebih sering di singkat menjadi DKV. Pertama kali gue denger kata – kata itu gue langsung aja mikir apakah arti dari semua ini. Apakah desain komputer itu? apakah perbedaan DKV dengan desain grafis? Apakah tora sudiro bener bener homo? Pertanyaan – pertanyaan bodoh itu terus berputar di kepala gue tapi jawaban dari kakak gue mulai menyadarkan gue

Jadi desain komputer visual adalah salah satu jurusan di fakultas ilmu teknologi bagian gambar menggambar. Meskipun namanya desain komputer tapi masih tetap menuntut mahasiswanya untuk dapat menggambar dengan tangan. Begitu mendengar jawaban dari kaka gue gue langsung sadar dan berharap ini semua hanyalah mimpi buruk gue dan sebenarnya gue lagi ketiduran di bangku sekolahan gue. Tapi ternyata gue bener – bener duduk bareng keluarga gue di ruang keluarga. Tak lama kemudian kak fahri menambahi jawabannya bahwa kebanyakan lulusan DKV bisa kerja di dreamwork ataupun pixar studios. Gue langsung menerawang jauh ke alam liar. Gue bisa kerja di dreamswork yang keren gitu atau juga pixar studios yang di dirikan oleh steve jobs sang masterpiece pasti gue bakal keren banget tuh. Belum sempat gue menyetujui pilihan itu gue udah keinget cerita waktu gue masih MI (setingkat SD)
Waktu itu gue yang duduk di bangku paling kanan kelas dan deret nomor dua dari depan, gue termasuk anak yang cukup pintar dalam masalah pelajaran dan paling rajin bolos sekolah. Gue ingat dulu seneng banget sama pelajaran IPA karna apa? Karna yang ngajar guru cewek paling muda sesekolahan men! Dan dia termasuk guru yang cantik bagi gue dan hampir seluruh temen – temen gue. dan suatu hari guru IPA itu mencoba memberi kuis kepada murid muridnya atau mungkin lebih sering lagi di sebut pertanyaan individual. Disini kita gak bisa nyontek temen ataupun mencoba kecurangan yang lainnya karena soal murni buatan guru gue sendiri. Karna gue disana termasuk murid yang cukup menyukai pelajaran IPA gue gak terlalu takut untuk menghadapinya. Dengan jantan saya memberi sugesti pada diri saya sendiri kalo gue bener bener udah siap buat nerima pertanyaan sesulit apapun dan akan menjawabnya dengan tepat. Seperti biasa apabila ada murid yang tidak bisa menjawab dengan benar maka akan ada hukumannya. Tapi kali ini berbeda dari yang lainnya. Hari ini apabila tidak dapat menjawaab pertanyaan maka akan mendapat hukuman menyanyi di depan kelasa atau menggambar di papan tulis depan kelas. Gue gak peduli apapun hukumannya karna gue yakin bisa jawab pertanyaannya. Setelah beberapa murid menerima pertanyaan akhirnya nyampe juga di bangku depan gue. ternyata temen gue yang satu itu gak bisa jawab pertanyaannya. Gue ngetawain dia dari belakang dengan suara agak menghina dia. Akhirnya dia di hukum dengan menggambar 3 buah gunung di papan tulis kelas. Tak lama kemudian giliran gue yang mendapat giliran menjawab pertanyaan.

“uda”

“iya bu!” gue jawab dengan lantang dan gagah perkasa

“sebutkan bagian – bagian dalam pohon”.

Mampus gue. gue gak nyangka bakal mendapat petanyaan sebiadab itu. gue gak pernah tau apa saja bagian pohon. Gue gak mungkin jawab “gak tau bu!” karana itu bakal bikin gue malu setelah gue sendiri ngetawain temen gue yang tadi gak bisa jawab. Gue mau bilang sama tuh guru “maaf bu penyakit kadas saya kumat lagi dan sekarang udah nyampe stadium 14. Kalo saya gak segera di bawa kerumah sakit semua orang disini bisa mati karna ledakan gas elpiji 3Kg” tapi gue tau kalo itu sama sekali gak nyambung. Akhirnya gue dengan terpaksa jawab seadanya “klorofil, stomata, fotosintesis. Gue Cuma berharap bu guru marah sama gue dan segera menghukum gue seketika itu juga. Tapi apa yang gue takutkan saat itu benar benar terjadi.

“bukan yang itu. yang saya minta bagian dalam pohon”. Gue bener bener takut kalo dia ngomong kayak gitu karena itu berarti gue harus mikirin lagi apa jawaban yang bener. Disitu gue udah bingung banget mau jawab apa.

“kamu gak tau?” tanya guru gue

“gak bu” cuman itu yang bisa gue katakan. Sebagai konsekwensinya gue harus di hukum di depan kelas. Gue nerima aja karna hukumannya gak berat berat amat. Malah bisa dikatakan mudah sekali.

“kamu gambar 3 bebek di papan tulis”. Gue kaget mendengar itu “apa bu?”

“kamu gambar 3 bebek di papan tulis!”. Gue masih setengah tidak percaya mendengarnya “bebek?” gue coba mengulanginya lagi

“iya. Bebek”. Mampus gue. dari sekian banyak hewan yang gue tahu gue bisa menggambar hampir seluruhnya seperti ular, cacing, ulat bulu. Tapi gue gak bisa gambar bebek. Gue Cuma berdiri berdiri bego aja di depan kelas sambil masih megang kapur. Tiba tiba terdengar dari barisan bangku terdepan di sebelah pojok kanan. Dan ternyata itu adalah suara Dian, temen gue yang duduknya pas di depan bangkuku. Dia manggil manggil gue berusaha bantu gue yang sedari tadi bengong aja di depan kelas gara gara gak bisa gambar bebek. Dia nunjukin buku ke gue yang ada gambar bebek hasil gambar dia sendiri. Satu kesalahan terbesar yang dilakukannya adalah dia memberikan gambar yang sudah membentuk bebek padahal satu satunya yang gue butuhkan adalah bagaimana cara membuatnya.

“masih belom?”  tiba tiba guru gue nanya ke gue. gue kaget setengah mati denger itu

“belum bu” gue Cuma bisa jawab polos karna memang di papan tulis belom ada separo-pun bebek yang tergambar.

“kamu bisa gambar bebek gak?”

“enggak bisa bu”. Seluruh kelas ketawa seketika. Gue bingung kenapa mereka harus ketawa. Bukannya ini sesuatu yang wajar. Bukannya setiap orang mempunyai kelemahan dan kelebihan dan kelemahan gue adalah gak bisa gambar bebek.
Guru gue jalan ke depan kelas dengan ekspresi muka pengen ketawa gara gara gue gak bisa gambar bebek bercampur dengan muka kesel karna gue gak bisa gambar bebek dari tadi (kok sama ya?). sambil muka agak cemberut guru gue ngasih contoh cara gambar hewan yang bikin gue berdiri sedari tadi.

“udah bisa gambarnya kan?”

“hehehe. Belom bu tadi kecepetan ibu gambarnya “. Kelas kembali bergemuruh dengan ketawa – ketawa sadis. Guru gue kembali menggambar di papan tulis dengan muka seakan akan mau mengiris – iris gue dengan sadisnya.

gue liatin guru gue yang mulai menggambar di papan tulis dengan sangat hati – hati agar bisa gue paham. Setelah melihat dengan seksama gue baru tau kalo itu adalah gambar yang sangat mudah untuk di gambar dan gue baru tau kenapa seisi kelas ketawa setelah gue bilang kalo gue gak bisa gambar bebek.

Setelah gue inget masa hidup gue yang suram itu gue langsung mengurungkan niatku buat kerja di Pixar dan juga Dreamswork inc. Gue gak bisa bayangin gimana kalo sewaktu bekerja di suruh gambar karakter shrek. Bagi kalian yang sudah tau bisa bayangin aja gimana bentuknya dan bagi yang belom tau bakal gue kasih tau disini. Shrek adalah seekor Ogre berwarna hijau (pastinya) berbadan besar dan menyeramkan (mestinya). Yang gue takutin gue kerja di dreamswork dan setelah gue gambar hasilnya malah lebih mirip Hulk yang sama sama ijo. Masih bagusan lah kalo jadinya kayak hulk gue bisa pindah kerja di Marvel yang gak kalah kerennya tapi kalo jadinya semacem buto ijo di kawinin sama genderuwo paling paling gue Cuma bisa kerja di indosiar buat bikin film semacem elang – elang raksasa itu. akhirnya gue memutuskan nggak ngambil DKV buat tujuan sekolah gue selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar