Minggu, 11 Desember 2011

Ulangan Akhir Semester Telah Usai

Hari ini merupakan hari yang cukup menyenangkan bagi para kaum pelajar. Karna hari ini adalah hari terakhir ulang akhir semester. Tidak ada lagi belajar semalaman atau 120 menit memandangi  45 soal sambil mikir mikir jawabannya. Udah satu pekan penuh gue belajar terus menerus tanpa henti dan gue berharap hasil yang setimpal dengan apa yang gue kerjakan selama ini. gue gak berharap dapet ranking 1 ataupun rata – rata yang sempurna. Karna gue sadar seberapa kemampuan gue saat ini. gak mungkin gue dapet nilai 9 di mata pelajaran matematika karna dari 35 soal yang ada gue Cuma bisa ngerjain 9 soal dan itupun gue gak tau bener ato gak yang pasti gue bisa ngerjainnya lah. Cuma guru yang khilaf yang ngasih nilai 9 di pelajaran matematika gue.

tapi di semester ini gue merasa ada yang berbeda dari diri gue sendiri. Atau mungkin banyak. Di UAS kali ini gue hampir gak pernah gak belajar di tiap harinya padahal di 2 tahun sebelumnya gue bisa dibilang hampir gak pernah belajar. entah apa yang merasuki gue hingga gue bisa serajin itu. bahkan temen temen gue pada takjub sama gue. gue yang orangnya bandel, pemalas, usil dan sifat sifat buruk lainnya sekarang malah jadi seorang kutu buku. Sampe sampe temen gue yang sebelumnya ranking satu pun merasa terancam posisinya.

Memang disini gue merasa kalo gue aneh sekali. Apa gue salah minum suplemen sampe gue keracunan kayak gini. Sejak 2 hari menjelang ulangan akhir semeseter apa aja yang gue denger, rasakan, dan lihat gue langsung mikir mikir. Contohnya saja kalo gue dengerin lagu barat gue langsung mikir, ini termasuk tense apa? Past tense? Continous tenses?  Atau bola tense?. Semakin gue banyak bertanya tanya tentang apa yang saya lakukan tiap hari gue semakin tau kalo gue bener bener lemah di bagian berhitung. Gue inget saat itu gue lagi beli buah buahan. Gue membawa uang 50 ribu untuk membeli 1Kg kelengkeng dan 1Kg apel. “bang kelengkengnya berapaan satu kilonya?” gue langsung bertanya pada abang penjualnya.
“24ribu”

“yaudah ambil 1kilo ya” gue lihat – lihat apelnya dan akhirnya gue nanya lagi “kalo apelnya berapaan bang sekilonya?”

“16 ribu bang” gue gak sempet ngitung berapa jumlah yang harus gue bayar kalo beli kedua nya sekaligus. Gue asal mengiyakan aja sambil gue masih mikir berapa jumlahnya semua. Gue coba coba ngitung dalam bayangan aja 24 + 16 =..... gue terus berpikir sekuat tenaga dan yang ada di pikiran gue jumlahnya 50. Berarti udah pas duit gue sekarang. Setelah selesai dengan pelajaran menghitung gue yang “kacau” si abangnya ngasihin buah yang gue beli ke gue sembari gue ngasihin duit gue ke si abangnya (romantis banget gak tuh) dan gue langsung nyelonong langsung mau pulang aja karna gue pikir duit gue udah pas dan gak bakal ada kembaliannya. Tapi baru beberapa langkah gue jalan tiba tiba gue di panggil sama si abang yang jualan buah tadi.

“mas!! Jangan pulang dulu” gue kaget. Gue gak peduli sama teriakannya gue tetep jalan dengan kerennya.

“mas!! Jangan pulang dulu pliisss!!” si abang memanggil gue sambil mewek berharap gue gak pergi meninggalkan dia secepat itu. gue yang merasa iba dengan teriakannya itu akhirnya gue pun berbalik dan mendatanginya sambil berkata “maaf abang hatiku udah tertutup untukmu. Gue udah gak mau lagi di sakiti sama orang seperti kamu lagi. Dan inget ya bang. Gue bukan homo. Lagian kalo gue homo gue bakal milih milih” pada waktu itu juga gue meras sedang ada beberapa kamera yang sedang mengambil adegan ini untuk di masukkan ke sinetronnya. Si abang pun melongok dengan mulut terbuka. Andai saja ada ada lalat yang lewat di depan mulutnya pasti lalat itu akan jatuh karna gas bau yang keluar dari mulutnya.

“apa yang kamu katakan padaku?” tanya si abang padaku suasanapun menjadi semakin dramatis di ikuti dengan suara musik dramatis khas sinetron – sinetron indonesia. “saya Cuma mau ngasihin uang kembaliannya tadi mas”. Gue diem sambil terus berpikir apa maksud dari perkataannya tadi.
“ini mas kembaliannya sepuluh ribu” kata si abang sambil ngasihin satu lembar sepuluh ribuan ke gue. gue langsung serobot tu uang dari tangan si abang sambil nyelonong pulang.
“makasih ya bang” kata gue sambil tersipu malu. Ternyata sedari tadi gue salah ngitung. Mestinya 24 + 16 itu 40 bukannya 50. Gue langsung ngibrit gitu aja takut dikira gue bener – bener homo.

Itu bukan satu satunya kejadian gue salah ngitung. Gue inget juga sewaktu lagi jajan di terminal. Bukan. Bukan gue jadi preman terminal sekitar taoi emang gue kalo pulang sekolah gue mesti transit dulu di terminal untuk naik bus sampe ke rumah gue. di terminal gue jajan di warung langganan gue. karna gue anaknya rajin menabung gue selalu berusaha menyisakan setengah dari uang jajan gue buat kepentingan masa depan gue. misalnya kalo tiba tiba besok gue kebelet pup di terminal gue bisa ambil tiga ribu dari tabungan gue buat bayar wc umum. Penting banget gak tuh di masa depan. Coba aja bayangin kalo tiba tiba kalian kebelet pup tapi gak punya duit buat bayar wc umum, kalian mau boker dimana? Di rumah sekitar? Orang orang gak mungkin mau masukin orang begitu saja kalo Cuma mau numpang boker doang. Bisa bisa kalian di curigain sebagai maling dengan modus kebelet boker dan numpang boker di rumah orang malahan.

Oke fokus ke jajan gue tadi. gue selalu nyisain separuh dari uang saku gue misalnya saja uang saku gue 20ribu. Berarti gue nyisain 10ribu buat masa depan gue. dan saat itu gue masih menyisakan uang 16ribu (setelah jajan di sekolah) dengan perincian 10ribu buat di tabung dan 2ribu buat ongkos naik bus sampe rumah berarti gue masih punya duit buat jajan sebesar hmm .......... *mikir* 4ribu (akhirnya selese juga ngitungnya). Dan gue saat itu jajan 1gelas kopi sama 2batang (maaf) rokok yang kalo gue total sendiri jumlahnya 4ribu dengan perincian 1gelas kopi = 2ribu dan rokok per satu batang  = seribu jadi jumlahnya semua 4ribu. Saat itu gue merasa keren sekali karna gue bisa ngitung dengan hasil yang tepat. Tapi cobaan sesungguhnya tidak disini. Ternyata cobaan sesungguhnya berada di akhir dari semuanya. Ketika saya hendak membayarnya ternyata jumlah yang harus gue bayar Cuma 3500. Gue pun cukup senang karna gue menghemat lebih dari yang gue bayangin sebelumnya. Gue membayarnya dengan satu lembar limaribuan. Kalau total yang harus gue bayar adalah 3500 dan gue membayarnya dengan uang 5000 mestinya gue mendapat kembalian sebesar 1500 tapi entah kenapa kembalian yang saya terima adalah dua lembar seribuan sama satu koin lima ratusan. Berarti jumlahnya 2500. Dan gue dengan begonya nerima aja duit kembalian yang kelebihan itu. sampai akhirnya ibu penjaga warung itupun menyadari kalau dia baru saja memberikan kembaliannya yang terlalu banyak kepada siswa SMA yang tidak bisa berhitung.

Setelah kejadian itu sekarang gue tau mestinya gue kembali belajar matematika dasar. Iya dasar sekali sampai ke penambahan dan pengurangan. Tapi gue terus yakin kalau aku mau berusaha pasti akan kudapatkan hasil yang bagus. Dan setelah ulangan akhir semester kemarin gue berharap gue dapet hasil yang setimpal sama gue. doakan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar