Senin, 23 Januari 2012

Kenalilah Universitasmu Sebelum Mengambil Jurusanmu

Entah kenapa udah beberapa hari ini gue gak ada waktu buat ngisi di blog gue lagi. Kalo di hitung udah ada seminggu lebih kayaknya gue gak ngupdate di blog gue ini. dan seminggu yang lalu pun gue ngisinya nggak kayak biasanya. Tapi kali ini gue bakal bener bener cerita kayak biasanya lagi.

Beberapa hari lalu gue baru aja dapet pengarahan dari guru gue tentang SNMPTN. Mulai dari apa itu SNMPTN, macam – macamnya , bagaimana cara mengikutinya dan lain sebagainya. Sebagai murid kelas 3 SMA emang udah waktunya buat gue untuk mengenal lebih dekat dengan semua itu karna sehabis sekolah ini gue juga bakal kuliah dan salah satu caranya adalah lewat SNMPTN itu. bukan Cuma nerangin SNMPTN doang tapi juga masalah universitas, fakultas – fakultasnya dan juga peluang untuk masuk ke salah satu perguruan negri tersebut. dan di satu kesempatan guru gue ngasih saran untuk tidak masuk ke satu perguruan tinggi negri islam karna yang di ajarkan di sana adalah pelajaran yang sudah pernah di di ajarkan di sekolah gue sewaktu SD kelas 6 dan juga kelas 1 SMP. Bukannya merendahkan universitas tersebut tapi emang pelajaran di sekolah gue yang lebih tinggi dari pada sekolah lain. Seperti pelajaran tata bahasa tulisan arab atau sering disebut nahwu di sekolah gue udah mulai di ajarkan di kelas 3 SD hingga kelas 3 SMA dengan tingkat penjelasan yang semakin meningkat tiap tahunnya. Di universitas tersebut pelajaran semester pertama adalah nahwu yang diajarkan di kelas 6 SD gue tapi dengan istilah yang berbeda di tempat mereka.


Begitu banyak pilihan beserta kesempatan buat masuk perguruan tinggi negeri membuat gue semakin bingung saja buat milih universitas mana yang harus gue pilih dengan tepat. Entah kenapa tiba – tiba guru gue manggil gue hingga membuyarkan lamunan gue yang sedang memikirkan universitas yang bakal gue pilih.

‘Uda, rencananya mau ngambil dimana?’ gue kaget banget saat itu. gue belum punya jawaban saat itu

‘eee... UGM pak’ gue jawab asal aja

‘mau ngambil jurusan apa?’ gue semakin bingung aja mesti jawab gimana tapi temen di sebelah gue bisikin ke gue

‘pendidikan’ gue langsung aja kontan jawab apa yang di bisikin temen sebelah gue

‘pendidikan pak’

‘iya kalo pendidikan, pendidikan apa?’ mampus ternyata masih ada pertanyaan yang lain juga. Sambil terus berpikir gue hanya bisa bergumam doang

‘eeee.... pendidikan keagamaan pak!’ gue jawab dengan lantang berharap dapat penghargaan karena gue udah mau ngambil jurusan agama yang berarti gue berada di jalan yang benar. Tapi berbalik dari yang gue harapkan. Seisi kelas gue malah pada ketawa. Mereka menertawai gue bukan ketawa bareng gue. gue awalnya sedikit bingung kenapa mereka semua pada ketawa tapi ternyata lama kelamaan gue baru paham ternyata universitas sama jurusan yang bakal gue ambil gak ada urusannya sama sekali. Universitas Gajah Mada memiliki banyak fakultas dan juga jurusan tapi nggak ada jurusan pendidikan agama di sana. Gue malu setengah mati untung di pilihan kedua gue gak bilang bakal milih fakultas kedokteran di UIN (Universitas Islam Negeri).

Mungkin sebelum gue memilih universitas dan kuliah yang bakal gue tuju gue musti lebih banyak buka situs universitas negeri Indonesia agar gak salah ambil jurusan ataupun universitas misalnya : Institut Tehnik Bandung jurusan Tarbiyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar