Rabu, 29 Februari 2012

berawal dari si 'kambing jantan'

sebenarnya tulisan ini mestinya tercantum di buku 'Aku dan Idolaku' yang disusun oleh talitha brantya lewat nulisbuku.com. tapi gak tau kabarnya lagi sampai sekarang belum juga muncul di web tersebut. padahal gue udah nunggu banget. ato mungkin emang gue yang kurang teliti dalam mencarinya.

tulisan ini berjudul: berawal dari si 'kambing jantan'.


cerita ini berawal ketika saya mulai aktif menggunakan akun twitter saya di pertengahan tahun 2011. sebenarnya sudah sejak tahun 2009 saya membuat akun twitter dengan username @udaMakiyya tapi baru pertengahan tahun 2011 saya menggunakannya secara aktif karna baru di tahun itu teman - teman saya mulai banyak menggunakan twitter. karna dulu saya sudah lebih dulu punya akun twitter dan tidak tau bagaimana menggunakannya saya hanya asal - asalan aja pakenya. tiap melihat akun dengan nama artis tanpa pikir panjang lagi saya langsung klik tombol "follow" yang pada saat itu saya kira sama dengan tombol "add as friend" di facebook. setelah sekian lama aktif di twitter akhirnya saya melihat satu akun yang cukup menarik dan mempunyai tweet yang cukup menghibur dengan nama akun @poconggg dan ternyata akun itu memiliki follower yang cukup banyak dan kebanyakan followernya adalah anak - anak muda seumuran anak SMP dan juga SMA "wah pas banget nih sama umuran gue" pikir saya saat itu, dan akhirnya pun saya "mengikuti" tweet dari si "pocong maya".

suatu ketika saya sedang baca TimeLine saya membaca "kicauan" poconggg yang me-ReTweet tweet dari akun @radityadika yang isinya cukup simpel dan kocak. saat itu raditya dika mengirimkan sebuah tweet dengan tulisan "maaf boleh ngomong sama keteknya?" disertai foto dirinya yang sedang berdiri disamping seorang wanita SPG yang tingginya melebihi radit (panggilan akrab raditya dika) dan radit yang lebih pendek hanya sejajar dengan pundak dari SPG tadi. gue yang saat itu benar -benar belum terlalu mengenal radit akhirnya saya membuka akunnya untuk mengetahui lebih jauh tentang dia. tapi saya tidak mendapatkan informasi yang cukup dari sana karna di biodatanya hanya tertulis "Wordsmith" dan saya tidak begitu tau apa maksudnya itu. tapi saya cukup terkejut ketika melihat jumlah followernya saat itu (saya lupa berapa tapi sangat bayak sekali untuk ukuran orang indonesia dan bukan artis terkenal) dan ternyata banyak juga temanku yang menjadi follower radit. karna rasa penasaran saya akhirnya saya tanyakan pada temanku yang juga menjadi follower radit. "siapa sih raditya dika itu?" tanyaku pada temanku "ooh, dia penulis" jawabnya padaku. "emang dia nulis apa?" tanyaku belum puas "kamu gak tau bukunya? bukunya kambing jantan yang jadi best seller itu" jawabnya lagi. saya memang tidak terlalu suka baca - baca buku termasuk novel meskipun pernah mendengar tentang buku itu tapi saya belum pernah membacanya sama sekali. dan itulah pertama kali saya mengenal raditya dika

semakin lama waktu berlalu saya sering membaca di twitter tentang stand up comedy. saya yang juga tidak kenal apa itu stand up comedy mencoba mencari tau dan saya mencari di youtube.com. dengan keyword "stand up comedy indonesia" saya menemukan banyak video yang berkaitan dengan stand up comedy dan yang sedikit aneh yang muncul paling atas kebanyakan dengan judul "#standupnite1 - @radityadika part 1 - 3" saya semakin penasaran sama radit saja dan akhirnya saya buka dan tonton video itu. setelah nonton video part 1 akhirnya saya meneruskan sampai part 3 dan saya gak behenti tertawa bahkan sampai videonya habis. yang ada di pikiran gue saat itu adalah "wah ternyata stand up comedy keren banget" saya coba mencari video lain dan akhirnya saya membuka video dengan judul "#standupnite1 - @ernest" dan yang open mic saat itu adalah ernest prakasa. tapi menurut saya tidak terlalu menarik untuk ditonton. oke saya coba cari lagi video yang lain dan saya memilih video dengan judul "#standupnite1 - @pandji" dan pastinya yang open mic adalah pandji pragiwaksono. Tapi tidak terlalu membuat saya terkesan. Sampai akhirnya saya menyimpulkan kalau bukan stand up comedy yang keren, comic-nya (sebutan bagi stand up comedian) yang keren. sampai akhirnya saya memutuskan untuk mendonlot semua video stand up comedy dengan comic raditya dika. begitu selesai download saya langsung menonton semuanya dan dan mulai ngefans sama raditya dika. saat itu yang ada di pikiran saya adalah mana ada alien yang menyamar menjadi manusia di bumi hanya untuk mencari ketenaran atau hanya untuk menghibur warga indonesia saja. karna orang ini terlalu lucu untuk disebut sebagai manusia. dan ini juga pertama kalinya saya, seorang cowok, ngefans sama cowok juga yang bukan pemain bola (saya juga pemain sepak bola tarkam)

belum cukup di sana saja kekaguman saya terhadap radit. saya ingat di salah satu video stand up comedy-nya dia pernah menyinggung tentang 5 bukunya yang sudah terbit waktu itu dan 5 buku itu adalah kambing jantan (sebuah catatan pelajar bodoh), cinta brontosaurus, radikus makan kakus (bukan binatang biasa), babi ngesot (datang tak diundang, pulang tak berkutang), dan yang terakhir adalah marmut merah jambu. saya yang mulai mengidolakan radit ingin tau bagaimanakah tulisan dari idola saya itu hingga menjadi best seller. karna rumah saya tidak berada di kota besar, membuat saya sedikit kesulitan untuk mencari buku - buku itu. sampai akhirnya saya memutuskan untuk membeli buku - buku itu secara online. saya nunggu beberapa hari dan akhirnya paketan buku itu datang juga ke alamat rumah saya. saya yang sudah tak sabar lagi langsung mulai membacanya satu per satu buku pertama yang saya baca adalah kambing jantan. saya yang excited dengan buku - bukunya tidak ada sedikitpun rasa kecewa yang saya rasakan. pantas saja kalau buku itu masuk sebagai best seller di masanya. isinya gokil abis, komedinya cerdas, alurnya tertata rapi pokoknya keren abis deh. setelah habis saya baca semua buku raditya dika saya baca, saya langsung berpikir. ternyata menulis tidak sesulit yang saya bayangkan. seperti di buku kambing jantan saja penulis (radit) tidak perlu mengarang cerita dan menulis dengan ketentuan - ketentuan sastra. dia hanya menuliskan pengalaman hidupnya yang konyol ditambah dengan bumbu - bumbu komedi yang jarang ditemukan di buku - buku komedi lain.

saya yang sudah mulai sangat mengidolakan raditya dika, mulai terobsesi dan ingin mulai menulis sampai akhirnya saya membuat blog dengan judul bedeger blog (bedegerblog.blogspot.com).
baru saja di tanggal 24 desember 2011 radit meluncurkan buku terbarunya yang berjudul manusia setengah salmon. seiring diluncurkannya buku itu banyak wawancara yang dilakukan di beberapa media dengan narasumber penulisnya langsung dan itu idola saya.
Ada satu quote dari warga jakarta berdarah batak tersebut yang selalu saya ingat yang tertulis di salah satu media cetak yang berbunyi "bagaimana kejadian sehari hari yang biasa - biasa saja di taruh di bawah kaca pembesar, kita cari angle mana yang mau di angkat supaya menjadi komedik dan menarik. semudah itu saja" dan inilah yang saya jadikan pedoman dalam menulis. dan di masa depan saya ingin sekali dapat bekerja sama dengan raditya dika entah dalam bidang menulis ataupun stand up comedy atau paling tidak saya ingin bertemu langsung dengan pemilik blog radityadika.com dan berharap dia mau memberikan sedikit ilmunya kepada saya.

4 komentar:

  1. Pertamax nih, hehehe... Btw, intinya adalah selalu berlatih dan berlatih menulis bro. Insya Allah kemampuan kita akan selalu terasah, masalah bidangnya itu tergantung kamunya sendiri. Kalau Radit kan komedian, mungkin ada yang fokus ke fotografi, video, dan lain-lain. Thanks...

    BalasHapus
  2. hadir bro, semoga "si kambing jantan" bisa menginspirasi anda dalam berkarya semangat bro :)

    BalasHapus
  3. Semakin Banyak Menulis Semakin Bagus :)

    BalasHapus