Minggu, 11 Maret 2012

pengalaman pertama ikut acara motivasi


Hari sabtu kemaren atau tepatnya 3 maret 2012 gue dapet undangan dari tempat bimbel gue untuk mengikuti seminar motivasi belajar. Di undangan tertulis judulnya disingkat menjadi M3 (karna gue lupa kepanjangannya apa jadi gue tulis itu aja). Sebenarnya undangan itu untuk murid beserta orangtuanua tapi karna orang tua gue kurang begitu paham tentang masalah kayak gitu akhirnya gue berangkat sendiri. Sebenarnya ini pertama kali gue ikut pertemuan semacam ini. Gue takut banget. Gue bukan takut kalo di tengah - tengah acara tiba - tiba gue inget mantan gue. Tapi gue takut karna gue pernah denger kalo seminar motivasi itu semacam sekte ajaran sesat. Sampe gue pesen sama salah satu temen gue yang gak harus menhadiri acara itu. kalo sepulang gue dari acara itu gue melakukan hal yang tidak sejalan dengan agama gue seperti tidak solat, berzina, ngemil kucing panggang atau tidur di kamar mandi, berarti gue memang kena sekte.

Demi menjaga kepercayaan terhadap agama gue akhirnya gue janjian sama 2 temen gue yang juga ikut di acara itu. Karna gue yang bawa mobil akhirnya gue jemput mereka di rumah salah satu temen gue. Gue berangkat dengan mereka. Karna gue sama 1 temen gue orangnya humoris, gue sempet becanda - becanda dalam mobil selama perjalanan. Sampai akhirnya gue berniat nanya sama temen gue yang udah lebih lama ikut bimbel di sana.

'Eh ntar acaranya gimana sih?' Gue nanya ke kedua temen gue. Gue berasumsi kalo mereka jawabnya bener berarti acaranya nggak berisi sekte sesat atau semacamnya.

'Gak tau. Gue sebelomnya gak ikut datengin' salah satu temen gue (namanya mirza tapi biasa dipanggil copet). Tiba - tiba dia nambahin 'biasanya orangtua gue yang dateng'.

Benernya gue mau ngomong 'pantesan bokap lu sering makan upilnya sendiri' tapi gue lihat dia lagi bawa korek api dan itu bisa buat bakar gue saat itu juga. Akhirnya gue membatalkan niat gue itu.


'Kalo lu gimana lang?' Gantian gue nanya ke gilang temen gue satunya lagi.

'Ya biasa aja sih. Ntar ada yang ngomong ngasih motivasi ke kita trus ntar kita tinggal dengerin sambil ngangguk - ngangguk doang. Udah selesai' dengan jawaban seperti itu gue dapet 2 kesimpulan. 1) temen gue udah kena sekte mereka hingga bermaksud membuat yang lain tertarik untuk mengikutinya. 2) temen gue gak paham dengan apa yang di omongin sama orang yang berdiri di panggungnya jadi dia cuma bisa dengerin sambil ngangguk - ngangguk.

Gue masih agak takut sebenernya tapi bagaimanapun juga gue harus tetep dateng kesana. Sampai akhirnya gue masuk ke hotel Jepara Indah yang menjadi tempat penyelenggaraan acara itu. Gue masih takut banget kalau terjadi apa apa sama kepercayaan gue. Sebelum gue masuk ke gedung gue sempetin buat doa terlebih dahulu agar gue tetap pada kepercayaan gue dan tidak terkena sekte sekte semacam itu.

Baru aja gue masuk gedung udah ada satpam yang biasa jaga di tempat bimbel gue sedang berdiri di belakang pintu masuk. Gak beda dari sebelumnya di sana dia tetep aja jadi satpam. Emang deh kayaknya kalo udah nasib di mana juga bakal tetepp kayak gitu.

langsung ke lantai 2 aja mas satpam itu langsung ngasih tau gue dan 2 temen gue buat langsung ke lantai 2 karna emang acaranya ada di sana.

Ditengahperjalananmenujulantai2 tiba tiba si copet yang jalan di depan gue berhenti gitu aja. Gue kaget banget. Gue langsung berpikir yang enggak enggak. Yang ada di pikiran gue saat itu adalah pevita pearce dalam keadaan bugil. Enggak lah ya maksud gue bukan seperti itu. Gue kira copet berhenti karena udah kena gendam dari ajaran sesat yang bakal kita temui di lantai dua itu. Dalam keadaan tubuh mematung copet menoleh ke belakang secara tiba tiba dan membuka mulutnya seperti hendak berbicara sama gue.

gue baru inget undangan gue ketinggalan di rumah ternyata penyakit gobloknya masih tetep nempel di dirinya. Sampai akhirnya terjadi hening yang cukup lama.

yaudah ntar kita coba minta ijin sama Mbak AI aja siapa tau masih boleh masuk saran gue yang merasa paling bener di antara mereka. Akhirnya kita meneruskan perjalanan kita ke lantai dua. Kita yang emang udah telat banget langsung melihat kerumunan anak anak yang lain yang lagi pada registrasi. Gue nyari di mana guru yang bagian nge-registrasi kelas gue. sampai akhirnya gue melihat seorang wanita yang usianya sepertinya masih cukup muda dengan badan yang terlihat lebih gempal dari guru guru lainnya. Ternyata Mbak AI sendiri yang mendapat bagian registrasi anak kelas 3ips81 (kelas gue tuh).

mbak kita registrasinya gimana mbak? gue yang berada paling dekat sama Mbak AI akhirnya yang pertama kali ngomong sama doi. Mbak AI yang sedang sibuk nulis nulis (gak tau bener bener sibuk karna nulis ato nulis biar keliatan sibuk) harus sampai meninggalkan tulisannya untuk memastikan siapa yang memanggilya.

eh kamu. baru dateng aja guru gue jawab dengan agak sewot. Tapi tetep dengan senyuman yang mengembang di bibirnya. Memang guru gue yang satu ini adalah guru yang paling asik dan setau gue gak pernah marah atau ngambek sama kelas gue. padahal kelas gue terkenal paling mengkhawatirkan di antara kelas yang lain.

kamu bareng berapa orang? tambahnya sambil celingukan ngeliatin siapa aja yang bareng ama gue.

3 orang mbak. Sama Mirza ama Gilang

tapi si Mirza lupa gak bawa undangannya tambah gue sambil berharap temen gue yang satu itu tetep boleh mengikuti acara ini. Gue gak tega kalo sampe 1 temen gue gak boleh ikutan Cuma gara gara gak bawa undangan. Gue gak bisa bayangin kalo sampe dia sendirian di luar gedung hotel kayak gelandangan yang make baju lebih bagus dari temen lainnya. Gue takut kalo dia frustasi sampe nendang nendangin mobil yang diparkir di depan. Dan yang paling bahaya adalah kalo ngamuk ngamuk dan bakar seluruh gedung hotel dengan alasan gak boleh ikutan seminar gara gara undangan ketinggalan di rumah. Gue gak bisa bayangin kalo sampe headline seluruh surat kabar yang ada di Indonesia menuliskan Tidak Boleh Mengikuti Acara Seminar Gara – Gara Surat Undangan yang Ketinggalan, Seorang Murid SMA Bakar Gedung Hotel Bintang 3 Berlantai 4 gak elite kan kalo sampe itu bener bener kejadian.

yaudah gak bawa gak apa apa kok jawab Mbak AI santai.

ini kertas materi yang di sampein buat motivasi nanti. Sama ini snacknya Mbak AI memberikan 3 map sama 3 botol kecil air mineral buat kita bertiga. Seminar di tempat se-mewah itu cuman dapet sebotol kecil air mineral. SEBOTOL KECIL!!!

udahlah terima aja suara gue di hati. Sementara acara baru mulai gue sama 2 temen  gue lagi nyari tempat duduk. Begitu gue duduk gue langsung deg degan nunggu apa lagi yang bakal terjadi disana. Gue coba buka map yang dikasih sama guru gue tadi. gue buka lembaran pertama, kedua, ketiga dan habis. Gue bersyukur banget gak ada unsur ajaran sesat yang tertulis di sana.

kita sambut dengan tepuk tangan yang meriah untuk motivator kita. MISTEEEERRRR JEEEEEEKKKK ternyata acara udah bener bener dimulai sekarang. Suara tepukan tangan dari tamu yang datang pun mulai memenuhi ruangan dbarengi dengan keluarnya seorang laki laki dari belakang panggung. Yak dan itu adalah mister jek sang motivator yang juga menjadi guru biologi di bimbel gue.

selamat sore buat adik adik dan juga orang tua dari anak yang luar biasa ini salam yang memang udah biasa di lakukan oleh seorang motivator pada umumnya. Tamu pun membalas salam sambil di iringi suara tepuk tangan yang menggema di seluruh ruangan seminar itu.

hari ini kita akan membahas tentang.... THE POWER OF CHANGE!!! teriak mister jek dengan keras seakan akan dia lupa kalo dia sedang menaruh microphone di depan mulutnya. Atau mungkin dia gak tau kalo kegunaan dari microphone adalah sebagai pengeras suara.

Waktu berjalan detik demi detik, menit demi menit, jam demi jam. Dan ketika gue sadar ternyata baru 30 menit acara berjalan, dan gue udah sangat bosan sekali. Karna terlalu larut akan kebosanan gue mencoba ngobrol sama temen gue. Tapi si Gilang sedang asik mendengarkan materi yang disampaikan oleh mister jek. Sedangkan si copet malah sibuk sama hapenya sendiri. Gue berusaha menghilangkan kesuntukan dengan membuka hape gue, tapi ternyata gak ada pesan masuk satupun. Gue coba buka twitter, tapi gak ada yang menarik di timeline gue, akhirnya gue masukkan lagi hape gue ke saku jaket gue dan mencoba mendengarkan apa yang disampaikan sama mister jek dan berharap ada yang menarik dari sana.

Entah karna doa gue yang sangat manjur atau gimana, setelah beberapa saat gue mantengin panggung ada sesuatu yang sangat menarik di sana.

kita belajar dari masa lalu. Kalau kita tidak ingin gagal kita harus mau berubah. Jangan seperti yang saya tampilkan di monitor ini di layar monitor terpampang gambar Tiranosaurus-Rex. Gue pertama bingung apa maksud dari mister jek sebenarnya. Dia mengatakan untuk berubah dan menampilkan gambar dinosaurus. Apa hubungannya mereka berdua?? Atau mungkin mister jek punya kenangan buruk bersama si T-Rex itu?? semua masih menjadi tekateki di kepala gue. Gak cukup itu doang pertanyaan di kepala gue bertambah lagi.

dinosaurus punah karna mereka tidak mau berubah. Berbeda dengan yang satu ini tambah mister jek sambil memperlihatkan video 5 orang anak muda yang berubah menjadi power ranger saat mereka sedang bertarung dengan musuh musuhnya. Gue yang sedang menyadari maksud semua perkataan dari mister jek ketawa dengan tiba tiba hingga kedua temen gue sempet melototin gue.

ngapain sih lo norak gitu tanya si copet heran sama kelakuan gue saat itu.

hahaha. Lo gak merhatiin mister jek kan dari tadi. hahah jawab gue sambil masih ketawa.

gue merhatiin dari tadi gak ketawa kayak lu juga sih gilang yang merasa paling menyimak acara dari tadi menjawab gue dengan sewot.

lu gak punya selera humor kayak gue sih makanya gak ketawa sama sekali gue mengelak dari pernyataan gilang yang merasa paling benar sambil tetep ketawa.

lu tadi tau gak pas mister jek bilang harus berubah sambil nunjukin gambar dinosaurus? gilang Cuma ngangguk tanda mengiyakan. masih belom ketawa aja lo!!? Berarti emang lo yang gak punya selera humor kayak gue sambung gue.

Sebenarnya ada di pikiran gue ketika itu adalah kenapa mister jek memberi contoh seekor dinosaurus? Apa hubungannya berubah sama dinosaurus? Emang sih bener dinosaurus gak berubah sampe akhirnya punah. Tapi kan karna dia gak bisa berpikir untuk berubah layaknya manusia pada umumnya. Sungguh perumpamaan yang cukup aneh bagiku.

Selain itu menggunakan power ranger sebagai contoh berubah itu cukup freak bagi gue, meski sedikit terdengar cukup pantes juga, tapi bagi gue itu tetep terdengar aneh bagi gue. apa gue harus berubah dulu menjadi power ranger dulu sebelum mengerjakan ujian nasional?!

Sejak itu gue malah lebih banyak dengerin dengerin apa yang disampaikan sama mister jek. Tapi kebanyakan gue malah cekikikan sendiri. entah apa yang dirasakan sama orang lain, tapi semua yang dikatakan sama motivator selalu terlihat beda di kepala gue. yang ada di pikiran gue tuh selalu sisi komedinya.

Setelah sekian lama acara ini berlangsung akhirnya tiba saatnya untuk berinteraksi secara langsung dengan mister jek itu, dan ini adalah saat yang paling gue takutkan sepanjang acara. Gue takut kalo gue adalah orang yang tidak beruntung, yang harus maju ke panggung. Gue takut kalo sampai khilaf. Selama ini kalo gue naik panggung buat stand up comedy, tapi ini motivasi. Dan dua hal tersebut adalah hal yang bertolak belakang. Akhirnya gue nyari ide melarikan diri sebelum mister jek menunjuk orang orang yang tidak beruntung tersebut. gue pergi ke kamar mandi. Setelah gue berada dalam kamar mandi gue gak tai apa yang akan gue lakukan. Akhirnya gue melakukan apa yang biasa dilakukan orang ketika di kamar mandi. Gue pup, meskipun gue gak pengen pup sama sekali. Demi menjaga martabat gue di depan masa sebanyak itu lebih baik gue paksain untuk pup  meskipun kenyataannya gue lagi laper. Gue buka celana gue, celana dalem gue, dan gue jongkok. Dalam keadaan jongkok gue *sebagian teks hilang* *skip* *skip*

Ketika gue keluar dari kamar mandi runtutan acara sudah selesai semua dan kedua temen gue udah nunggu gue di depan tangga sambil ngobrol sama temen yang lain. Dan setelah gue ngambil semua barang gue di tempat gue tadi duduk, gue pun nyusul temen gue di depan tangga dilanjutkan dengan menuruni tangga tersebut. gue yang masih teringat dinosaurus sama power rangers tadi masih ngikik ngikik sendiri sampai ke mobil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar