Selasa, 13 Maret 2012

Sedikit Review #SKRIPSHIT


Kali ini gue mau ngasih review buku #SKRIPSHIT mulai dari cerita awal gue dapetinnnya sampe akhirnya selesai gue baca. Buku ini ditulis oleh selebritis twitter bernama Alitt Susanto, salah satu MAPALA (mahasiswa paling lama) yang kuliah di Yogyakarta. Pemilik akun twitter @shitlticious ini sekarang menjadi bagian dari tim nyunyu.com bersama dua sahabatnya, Bena atau lebih dikenal @benakribo dan juga Arief Muhammad yang menjadi pemilik akun @poconggg. Mereka bertiga terkenal sebagai trio #SPBU (Shitlicious, Poconggg, Bena Unyu). Selain buku #SKRIPSHIT ini bang Alitt juga sudah mengeluarkan buku pertamanya yang berjudul SHITLICIOUS, nama yang sama seperti akun twitternya dan juga blog pribadinya, yaitu shitlicious.com. Tujuan gue ngasih review di sini karena gue ingin berbagi buku yang prefer untuk dibaca.


Pertama, gue akan bercerita sedikit perjalanan gue buat dapetin buku ini. beberapa bulan yang lalu gue denger kalau buku kedua bang Alitt akan diluncurkan di bulan Maret 12 melalui akun twitternya. Tapi di beberapa toko buku online sudah menyediakan fasilitas pre-order sejak beberapa hari sebelum peluncurannya. Gak Cuma itu, selain bisa mengantarkan buku sampe rumah pembelinya, di salah satu toko buku online juga memberikan bonus tanda tangan bang Alitt sendiri untuk 100 pemesan pertama. Berhubung rumah gue jauh banget dari gramedia ataupun toko buku lainnya, tanpa pikir panjang lagi akhirnya gue langsung pre-order di bukabuku.com itung – itung sekalian dapet tanda tangan dari mahasiswa abadi ini.

Meski gue udah pre-order bukan berarti gue bisa langsung dapetin bukunya lebih cepet dari yang lain. Beberapa kali gue baca di timeline bang Alitt bukunya udah keluar lebih dulu di gramedia Depok. Gue envy banget. gue rasanya udah gak saber banget nunggu buku pesanan gue dateng. Bukan apa –apa, tapi beberapa hari lagi gue bakal menjalani UAS (ujian akhir sekolah) karna gue masih kelas 3 SMA. 2 hari setelah peluncuran buku #SKRIPSHIT di jabodetabek akhirnya gue nerima paketan dari JNE. Yap!! Buku #SKRIPSHIT yang gue tunggu selama ini akhirnya dateng juga. Tapi nyeseknya adalah buku ini dateng pas banget sama dimulainya UAS di sekolah gue. Gue bingung harus milih yang mana. Akhirnya setelah berdoa, berdzikir, dan sesekali jedotin kepala gue ke tembok akhirnya gue memutuskan buat baca #SKRIPSHIT terlebih dahulu. Karena dikejar waktu ujian, gue berusaha menyelesaikan baca buku ini secepat mungkin biar gue bisa konsentrasi belajar lagi. Jadi, kemana aja gue pergi gue selalu bawa ini buku dengan pertimbangan siapa tau ada waktu senggang yang bisa gue isi dengan baca buku ini. Alhasil dalam waktu 1 setengah hari gue udah berhasil menyelesaikan buku ini.

Di buku ini ada 26 bab yang berisi hal – hal kocak di dalamnya. Gue ambil contoh satu bab saja yang paling gokil menurut gue: side job, side jerk. Bab ini menceritakan bang saat bang Alitt diminta buat ngejokiin Suci, temennya Chacha (temennya bang Alit), ikut tes TOEFL biar bisa bisa ngelanjutin study-nya ke Australia.

Tes pun dimulai. Gue mutar otak sambil dengerin kalimat yang ada di listening passage. Asli... rasanya absurd banget... di otak gue bercampur antara mau ngedengerin kalimat – kalimat Bahasa Inggrisnya atai mikirin cara memberi jawaban – jawaban ini ke Suci. Bisa di gambarin di otak gue ada konflik kayak gini:

“aduh... bantuin si Suci gimana ya?”

“yes... she needs new dress for the party!”

“apa gue tuker lembar jawaban nanti pas mau dikumpulin aja?”

“she is wearing a red dress...”

“nggak... gue gak nanya apa warna bajunya!”

“she looks beautifull with that dress anyway...

“terus, menurut lo baju dia itu beli di mal apa minjem?”

“the dress is bought in the market.”

“oh... di pasar... gak nyangka ya, potongan tajir gitu suka belanja di pasar.”

“yes, her mother is a police-woman”

“memang hubungannya polwan sama pasa apa deh?”

“no one knows...”

“BEGO!!!”

*hening*


Selain buku ini bisa bikin gue ketawa – ketiwi sendiri tiap baca, buku ini juga diselipin quote yang mendidik. Tapi yang bikin gue suka sama buku ini adalah kata perumpamaan khas milik bang Alit sendiri seperti “onta arab yang tititnya diolesin balsem” atau “korban Holocaust-nya Hitler” dan masih banyak lainnya.

Selain ceritanya semasa kuliah di buku ini juga ada beberapa tips sesat yang gak bisa di lakukan sama orang – orang biasa. Seperti tips kentut di tempat umum, tips menjadi mahasiswa abadi atau tips hemat anak kos. Gue yakin semua itu ditulis berdasarkan pengalaman pribadinya sebagai MAPALA.

Gak cukup di situ, di 3 bab terakhir bang Alit menceritakan tentang kehidupan suramnya di masa lalu. Tapi, di sini terkandung banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil. Jadi, tepat sekali dengan janji bang Alitt, di buku #SKRIPSHIT ini kita gak hanya ketawa – ketiwi doang tapi kita juga bisa mengambil hikmah dari buku ini.

Cukup sampai di sini untuk review buku #SKRIPSHIT tulisan Alitt Susanto untuk lebih lengkapnya silahkan beli di toko buku kesayangan anda.

3 komentar:

  1. mantap deh seengaknya udah bisa tau inti cerita #SKRIPSHIT maklum gak bisa beli.

    BalasHapus