Rabu, 20 Februari 2013

15 Febuari 2013 hmm...



Kemaren, tanggal 15 febuary 2013, di Semarang diadakan acara stand up nite ke 10 dari stand up indo semarang. Acara diselenggarakan di Udinus. Yoi! Kampus gue dong! Udinus dipilih karena tempatnya yang dekat dengan kota, tempatnya yang muat sampai 500 orang, dan mendapat diskon besar karena diselenggarakan bersama teman-teman BEM Udinus. Informasi ini gue dapet dari… sok tahu gua sendiri, sih. Acara ini jadi satu dengan #3GPTour milik Genrifinadi Pamungkas (@GePamungkas) yang sedang mengadakan tour ke seluruh penjuru Indonesia. Ge Pamungkas yang juga juara dari acara pencarian bakat Stand Up Comedy Indonesia milik Kompas TV itu tampil menghibur para penggemarnya yang berdomisili di Semarang selama satu jam. Berdiri di atas panggung selama satu jam sambil melempar jokes bukanlah hal yang gampang. Perlu latihan khusus untuk melakukan itu. gue yang juga sedang menekuni bidang stand up comedy berani mengatakan melakukan itu bukanlah hal gampang.

Cerita yang lain.
Jadi ceritanya gue berangkat nonton bareng tiga temen gue dan satu pacar gue. iya, waktu itu gue Cuma ngajak satu pacar gue. kalo gue ngajak lebih dari satu bisa ditabok sama pacar-pacar gue, dong! Selain itu, pacar gue emang Cuma satu dan gue sayang banget sama doi. Gue enggak ada niatan buat selingkuh sama cewek lain. Bukan karena gue sayang banget sama dia. Tapi kalo sampai gue diputusin sama pacar gue, terus siapa yang bayarin kostan gue, dong!
Jadi gue sama pacar dan temen-temen gue dateng ke acara itu secara terpisah. Temen gue dateng bertiga duluan ke tempatnya, sedangkan gue sama pacar dateng agak telat karena kostan pacar gue yang jauh dari peradaban kota. Salah satu dari temen gue yang nonton bareng temen gue waktu itu namanya Greta. Dia maksa gue buat masukin nama dia ke blog gue ini. Kalo sampe nama dia enggak gue masukin ke blog ini, dia ngancem enggak bakal ngasih file-file foto pas acara kemaren karena kita Cuma make kamera doi doang. Keliatan banget, kan, gimana terpaksanya gue masukin nama Greta di sini.

Acara yang diselenggarakan seperti kurang tepat dalam penerapan waktunya. Acara open gate dilaksanakan tepat saat jam menunjukkan jarum pendek berada di angka enam dan jarum panjang berada di angka dua belas dari jam yang dipake sama petugas yang jagain pintu. Padahal jam gue udah menunjukkan angka yang sama delapan menit sebelum pintu dibuka. Terus kalo yang kayak gitu yang telat siapa, cobak? Gue tadi sempat mengatakan bahwa penyelenggaraan kurang tepat karena open gate dibuka saat adzan maghrib berkumandang. Gue sebagai warga muslim yang sangat taat dan berbakti pun harus melaksanakan sholat. Kalo sampe gue telat dikit aja, gue Cuma bisa nontonin Ge Pamungkas dari jarak orang harus menyipitkan mata untuk melihatnya. Kebetulan tiga temen gue yang ikut nonton (dua cewek dan satu cowok) sedang berhalangan untuk sholat. Satu temen gue yang cewek kebetulan non-islam, satu lagi sedang dalam masa menstruasi dan satu lagi temen gue yang cowok enggak tahu kenapa dia bilang kalo lagi berhalangan untuk sholat. Jadi ketiga temen gue itu gue suruh buat masuk duluan biar bisa dapet kursi yang enak. Bukan kursi yang ada toping coklatnya ya. Tapi enggak begitu jauh dari panggung dan cukup tepat untuk nontonnya. Sementara itu gue pergi sholat dulu sama pacar gue.

Selesai sholat gue langsung aja menuju venue. Tanpa disangka ternyata gue langsung disambut oleh panitia. Gue baru dateng aja salah satu dari mereka langsung bilang ‘silahkan masuk mas Uda’. Gua kaget, dong. Gue kan baru dateng kok bisa langsung tahu nama gue. ternyata dia adalah @adibim, salah satu comic semarang, dan pernah nonton gue waktu open mic. Gue masuk ke dalam aula dan ternyata udah hampir separuh bangku dipenuhi penonton. Gue sedih. Gue lihat di dalam ada banyak sekali cewek berkerudung yang udah duduk manis di sana. Padahal gue aja begitu denger adzan, gue langsung sholat tanpa nunggu jama’ah dulu. Dan gue pun sepertinya orang pertama yang keluar dari masjid. Orang-orang itu bikin gue nambah dosa. Gue langsung suudzon sama mereka. Apa mereka bener-bener enggak sholat? Atau mungkin ada konspirasi diantara mereka. Mungkin mereka berangkat bareng temen mereka dan melakukan hal yang hampir sama dengan apa yang gue lakukan. Bedanya mereka membalik apa yang gue lakukan. Kalo gue nyuruh temen gue masuk buat nyariin tempat duduk, mungkin orang-orang yang udah di dalem aula itu nitip sholat ke temennya yang mau pergi sholat. Ya Allah ampunilah mereka. Mereka Cuma ingin nonton Ge Pamungkas dan pengen dapet tempat duduk di depan.

Mulai review acara
Acara dimulai pukul 19.00 meskipun di tiket tertera bahwa acara dimulai jam 18.00. bukannya molor, tapi mereka sengaja nulis kayak gitu biar acara bisa dimulai pukul 19.00. dan seperti halnya stand up special lainnya, kali ini juga ada opener dari comic local. Opener pertama adalah @bangOdi. Comic ini memiliki persona yang cukup kuat. Dia terlihat tegas dan galak diatas panggung. Tapi persona seperti itu dipatahkan dirinya sendiri dengan melakukan Gimmick joget ala Beyonce. Gue yang udah sering nonton dia open mike tetep ketawa ngakak malam itu. bahkan ada beberapa bit yang sebenarnya udah gue ingat punchline-nya, malam itu gue seperti dibius sehingga gue lupa gimana punchline itu bekerja. Kesimpulan dari penampilannya malam itu : PECAH!!




Opener selanjutnya adalah @GARTEGAR. Beda dengan opener pertama, mas Tegar enggak make persona. Dia Cuma seperti ngobrol dengan penonton. Bedanya dia berdiri di atas panggung. Materinya sangat mudah dicerna. Salah satu bit-nya yang bikin pecah seisi ruangan adalah berikut : ‘kenapa hari valentine diharamkan oleh umat islam? Karena valentine itu cenderung berwarna pink, sama seperti warna babi. Padahal pink itu warna yang romantis. Oh, mungkin babi juga hewan yang romantis.’. seisi aula pun tertawa begitu saja. Gua yakin dia termasuk comic yang memorable malam itu. karena Cuma dia comic yang naik ke panggung menggunakan jaket doraemon, kartun favoritnya. Enggak kalah dengan bang Odi, bang Tegar pun pecah malam itu.




Kemudian diteruskan oleh Awan Pamungkas. Opener tetap yang dibawa oleh Ge Pamungkas. Tanpa mengurangi rasa hormat dan/atau maksud untuk menggurui, opener ini seperti masih di bawah dua opener local yang sudah tampil lebih dulu. Menurut saya cukup mengecewakan menaruh Awan di urutan sebelum Headline. Beberapa bit awalnya cukup suskses menciptakan tawa yang banyak, tapi memasuki pertengahan malah membuat dia semakin grogi dan kurang pede di atas panggung. Seperti kurang jam terbang, sering sekali dia berhenti berbicara dengan jarak cukup lama setelah melempar satu punchline. Materinya pun terdengar ‘membosankan’ karena punchline yang hampir selalu tertebak. Maaf untuk yang ini saya tidak bisa memberi nilai ‘pecah!’ karena memang enggak pecah.

maaf untuk Awan Pamungkas gue enggak foto doi, soalnya keluapaan :-p

Sekarang giliran Ge Pamungkas. Setelah nama Ge Pamungkas disebutkan dan sebelum Ge masuk ke dalam venue, semua lampu dipadamkan. Tak terkecuali satupun. Seluruh ruangan terasa bener-bener blackout. Mungkon ada sebagian dari ‘mereka’ yang menggunakan kesempatan ini sebaik-baiknya. Tapi hampir semuanya sibuk menebak dari manakah Ge akan masuk nanti karena ada dua pintu masuk di sana. Tapi seperti sudah tertebak sebelumnya, semua penonton menatap kea rah pintu tempat kita semua masuk tadi. Ditambah dengan lampu sorot yang (meskipun belum dinyalakan) sudah mengarah ke pintu tersebut. Music pengiring pun terdengar mengiringi masuknya Ge waktu itu. pintu terbuka dan Ge memasuki ruangan sambil sedikit berlari menuju ke arah panggung untuk menambah efek keren yang memang udah dimiliki. Apalagi Ge menaiki panggung dengan cara melompat dari depan panggung semakin membuat seisi ruangan histeris. Penampilannya malam itu sangat-sangat-sangat luar biasa.


Penampilannya dimulai dengan melemparkan bit ‘Lion Air’ yang langsung menggugah tawa seisi aula. Dilanjutkan bit perkenalan yang sudah biasa dipakai oleh Ge, tapi tetep enggak menyurutkan suara tertawa penonton malam itu. seperti biasanya, Ge tampil dengan tehnik yang lengkap. Enggak Cuma sekedar menggunakan rule-of-3, one liner, dan impresi yang biasa dia gunakan saat masih di Stan Up Comedy Indonesia (SUCI) Kompas TV, dia juga menggunakan story telling yang keren. Call back-nya pun berkualitas. 


Yang sedikit mengecewakan gue adalah malam itu dia Cuma menggunakan sedikit tehnik auditory yang menjadikan Ge lebih unggul dari dari kontestan SUCI lainnya. Tapi dari keseluruhan penampilannya waktu itu udah bikin gue puas. Dia udah stand up selama 1 jam 25 menit. Gue enggak bisa bayangin gimana rasanya berdiri selama itu dan ngoceh sendirian. Gue sebagai penonton pun merasa itu sudah terlalu lama. Setelah menginjak menit ke 50 gue udah merasa enggak kuat lagi ketawa waktu itu. entah kotak tertawa gue udah habis atau gimana tapi rasanya ketawa gue udah sambil nyembah-nyembah dan berkata ‘ampun, ampun. Enggak kuat lagi saya. Udah dong, udah’. Sekali lagi gue ngasih pujian ke Ge untuk show stand up special pertamanya.





Nih, gua kasih bonus buat kalian.

dari kiri ke kanan : Awan pamungkas, Ge Pamungkas, bang Odi, Tegar

dari kanan ke kiri : kembarannya Ge, Ge sendiri, dan... tukang ojek. ngapain tukang ojek ikut foto di sana??


ini Ge foto bareng para cewek. kapan gue bisa kayak gitu

ternyata di sana ada Ernest juga. eh, dia malah begging foto sama gue. yaudah! :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar