Kamis, 24 Januari 2013

Anak Kampung Masuk Kota


Hal yang baru pertama kali dilakukan pasti seru untuk diceritakan. Seperti gue sendiri. Gue adalah orang yang hidup di tempat yang jauh dari keramaian kota. Meskipun kediaman gue bukan di desa, tapi agak jauh dari hingar binger yang ada di kota. Dulu pertama kali gue lihat banyak lampu yang ada di alun-alun kota gue, gue kejang-kejang sampe 3 bulan saking senengnya. Atau pertama kali gue dapet undangan pesta ulang tahun. Gue langsung stroke waktu itu.

Salah satu hal yang gue inget sampe sekarang adalah waktu gue masuk ke kota besar. Dan kota besar itu adalah semarang. Iya, gue waktu umur 11 tahun baru pernah masuk Semarang, ibu kota Jawa Tengah. Gue lupa waktu itu dalam rangka apa gue pergi ke Semarang bareng keluarga gue. Yang gue inget waktu itu adalah gue enggak bisa tidur semaleman. Gue udah over excited. Gue inget banget waktu itu, jam sebelas malem gue baru bisa tidur. Untuk anak seumur sebelas tahun, itu udah malem banget. Jam lima pagi gue udah bangun. Padahal biasanya setengah tujuh gue baru bangun tidur. Begitu bangun gue langsung mandi dan pake pakaian andalan gue. Padahal kita bakal berangkat dari rumah jam Sembilan. Empat jam gue nungguin. Gue bingung mau ngapain lagi. Nonton TV pun rasanya enggak nikmat. Mau tidur lagi enggak bisa. Mau nimang-nimang adek, tapi gue anak terakhir. Gue Cuma keluar masuk rumah aja.


Begitu jam jam dinding di rumah gue nuntuk kea rah Sembilan, gue sekeluarga udah siap buat berangkat. Waktu di dalam mobil dihabiskan untuk ngobrol bareng. Waktu itu keluarga masih cukup untuk diangkut dalam satu mobil. Sekarang kami butuh paling enggak dua mobil untuk mengangkut kami semua. Itu adalah salah satu momen yang gue rindukan sekarang. Di mana kita semua bisa ngoborl bareng dalam satu mobil. What a wonderfull moment.

Begitu sampai di Semarang, gue langsung mangap ngeliat gedung yang terbangun tinggi. Kalo enggak salah gedung tertinggi yang ada waktu itu meiliki tinggi enam lantai. Mangap gue tambah lebar begitu lihat McD. Selama ini gue Cuma bisa lihat sajian-sajian McD di TV. Sekarang gue bisa lihat secara langsung. Dan setelah kakak gue markir mobil di parkiran kami kemudian masuk mall. Begitu gue di depan pintu mall gue langsung ngelepas sandal gue karena gue lihat lantainya yang bersih banget. Gue takut kalo sandal gue ngotorin lantainya. Beberapa pasang mata ngeliat gue sambil cekikikan. Gue dikasih tau sama kakak gue kalo enggak perlu nyopot sendal buat masuk mall.

“lo kira masuk masjid?!” kata kakak gue. Gue ngeliat ke kanan-kiri dengan muka takjub. Begitu sampe di depan pintu lift gue kaget karena pintunya ngebuka tiba-tiba. Dan enggak layaknya pintu yang ada di kota gue, pintu itu ngebuka ke samping. Dalam hati gue berkata “oh, ini, ya yang namanya lift”

Kakak gue masuk duluan ke dalam lift. Di dalam ada satpam yang kerjaannya mencetin angka yang dituju orang-orang yang masuk lift. Sebelum gue masuk gue salam dulu sama satpam itu layaknya masuk rumahnya. Satpamnya keliatan nahan ketawa. Gue tahu ketika denger dia nanya dengan nada yang agak naik turun “mau ke lantai berapa, pak?”.

“lantai empat, pak.” Balas kakak gue. Setelah pintu tertutup, lift pun naik ke atas. Gue kaget begitu lift-nya bergerak. Belum nyampe satu lantai, gue udah mabuk. Waktu itu gue berharap Antimo memproduksi obat untuk orang-orang yang mabuk lift. Dan begitu pintu lift-nya terbuka gue bisa ngelihat banyak sekali dingdong berjejer di sana. Lengkap dengan anak-anak kecil yang duduk di depan layar. Yang ada di pikran gue waktu itu adalah : mungkin seperti ini lah bentuk surga nantinya.

Memang sangat menyenangkan waktu itu. Banyak sekali kejadian yang gue alami. Saking banyaknya, gue sampe lupa habis itu ngapain aja -___-“. Dalam sehari aja gue udah bisa liat gedung-gedung tinggi Lihat McD secara langsung, naik lift dan lain sebagainya.

Udah deh ceritanya. Kalau mungkin ada yang juga punya cerita hal yang pertama kali dilakukan, dilahkan isi aja di kolom komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar