Kamis, 07 Maret 2013

Postingan yang Isinya Cerpen


“tapi gue enggak bisa kalo dia sampe pergi dari kehidupan gue!” teriakan Barlie sedikit menjerit kepada gue.

“tapi dia udah keterlaluan banget sama elo.” Jawab gue yang juga sedikit menjerit. “elo masih belum sadar juga, ya?”

“sadar apa lagi, sih? Sadar kalo gue udah kecanduan sama orangnya?” Barlie pun membalas dengan cepat. “udah berapa kali elo bilang kayak gini terus sama gue?” tambahnya tanpa tergesa-gesa. gue seperti udah terlalu larut dalam emosi gue sendiri, yang udah enggak tega lagi melihat penderitaan Barlie, gadis cantik yang terus-terusan menerima perlakuan kasar dari pacarnya.

Cerita ini berawal ketika Barlie, temen deket gue, menjalani kisah percintaan dengan kekasih barunya yang sudah berjalan selama dua bulan. Dua bulan memang bukan masa yang panjang untuk orang yang sedang memadu kasih. Tapi menurut gue, dua bulan sudah cukup untuk membuktikan apakah si cowok bener-bener cinta sama si cewek, atau si cowok ngejar cewek tersebut hanya karena cewek itu menjadi kejaran banyak lelaki lain. Dari awal gue emang enggak mau menjudge kayak gimana cowok tersebut. Tapi dari apa yang gue lihat, gue merasa itu cowok enggak baik. Bisa dilihat dari kelakuannya. Dia sering sekali ke kamar mandi untuk sekedar ngerokok. Tapi parahnya, tiap dia di smoking area, dia malah buang air besar. Itulah kenapa gue bilang dia bukan orang baik-baik. Tapi Barlie tetep kukuh dengan pendiriannya. Dia tetep mau nerima cowok itu sebagai pacarnya.


“habis dia orangnya baik banget sama gue” jawabnya waktu gue Tanya kenapa dia tetep nerima hendi, nama cowok itu, sebagai pacarnya.

Sedikit ragu dengan jawaban yang terlalu polos itu, gue terusin buat nanya “emang hal baik apa aja, sih yang udah dia lakuin buat elo?”

Tanpa sedikitpun ragu tersirat di wajahnya, Barlie menjawab dengan tegas “dia itu selalu perhatian gitu, sama gue.” setelah satu kalimat itu selesai terucap dari mulutnya, dia meneruskan pembicaraan dengan tempo yang sangat cepat. Gue bahkan sampai harus menekan tombol “rewind” berkali-kali untuk memahami apa yang dia ucapkan waktu itu. “dia itu perhatian banget sama gue. tiap jam makan, dia selalu nelfon gue untuk sekedar ngingetin makan. Tiap waktunya sholat, dia selalu ngingetin gue buat sholat. Tiap gue sedang ada masalah, dia selalu mendukung gue agar tetap semangat. Terakhir gue ada masalah buang air besar, dia nelfon gue pas lagi pup dan nyemangatin gue lewat telfon, gitu. Kurang baik apa lagi, coba?” selesai dia ngomong, gue masih melongo di depan muka Barlie karena terkesan. Bukan terkesan sama perhatian Hendi, Tapi gue terkesan sama cara ngomong si Barlie yang secepat itu dan sepanjang itu, hanya dengan sekali nafas. Gue aja yang dengerin masih ngos-ngosan.

‘tuh, kan! Elo aja sampe melongo gitu gue kasih tahu gimana perhatiannya dia.” Barlie kembali nambahin. Gue langsung tersadar begitu denger yang diomongin sama Barlie tadi.

“oke, oke gue emang terkesima. Tapi gue lebih terkesima sama cara ngo… mo… lupain aja, deh” kalimat gue pun enggak sampe selesai karena enggak enak sama Barlie sendiri. akhirnya gue pun nyerah dan membebaskan apa yang jadi pilihan dari Barlie. Selain itu, gue juga berharap dengan sangat Hendi bisa menyenangkan hati Barlie yang sudah cukup lama dikerubungi laba-laba.

Setelah satu bulan berlalu, gue merasa ada yang sangat berubah dari Barlie. Dia yang biasanya tiap selesai ketemu dengan Hendi langsung cerita apa aja yang terjadi, sekarang dia malah jarang cerita. Dia yang biasanya sumringah tiap habis ditelfon hendi, sekarang enggak begitu lagi, gue lebih sering ngelihat dia murung dari pada ngeliat dia bahagia. Gue merasa ini semakin tidak baik. Ternyata apa yang gue pikirkan emang bener. Ternyata Hendi udah mulai berubah. Dia berubah menjadi jarang merhatiin Barlie lagi. makin parahnya, Barlie sekarang udah dibatasin banget pergaulannya. Ini bagaikan seorang actor yang berubah peran. Dulu dia adalah seorang protagonist, sekarang menjadi antagonis. Seperti Sasuke yang dulu sebagai protagonist ketika masih berteman dengan Naruto. Tapi sekarang dia berubah menjadi antagonis gara-gara dikibulin sama si Orochimaru. Orochimaru sih ngakunya kalo Sasuke mau ngikut doi, Sasuke bisa lebih kuat dan bisa ngalahin kakaknya Sasuke. Padahal kan Orochimaru sendiri kan enggak bisa ngalahin Itachi. Duh, malahan ngomong ke mana-mana ini jadinya.

Sampai di suatu ketika gue diminta Barlie buat dateng ke rumahnya. Dia bilang ada hal pengting yang harus dia diskusikan sama gue. ternyata dia Cuma ingin cerita kalau Hendi udah enggak perhatian lagi kayak dulu. Dan gue pun mengatakan dengan tegas kalau Hendi bukanlah orang yang tepat buat Barlie. Dia Cuma bisa bikin Barlie seneng sementara.

“dia aja sekarang udah enggak perhatian lagi sama kamu.” Gue ngasih tau Barlie secara halus. “dia Cuma pengin keliatan keren punya pacar elo doang” gue udah terasa sedikit kasar ngomong sama Barlie.

Barlie yang tadinya menunduk mulai mengangkat kepalanya, menatap gue, dan terlihat memaksakan senyumnya sambil berkata halus ke gue “mungkin emang akhir-akhir ini dia lagi sibuk kok, jadi enggak sempet ngasih waktu buat gue aja”. Gue udah semakin enggak sabar ngelihat kelakuannya yang kayak gitu.

“Barlie, mumpung elo baru satu bulan ngejalanin hubungan ini, lebih baik elo mengambil keputusan secepatnya sebelum hal buruk lainnya menghampiri elo” gue coba memberi kalimat-kalimat yang bisa menyadarkan dia. Dia seperti orang yang terlalu mabuk oleh rasa sayangnya pada Hendi. Terlihat ketika dia menggelengkan kepala seraya berkata “gue yakin dia hanya terlalu sidbuk dengan kerjaannya”.

Mendengar kata itu keluar dari mulutnya, gue langsung naik darah dan mengeluarkan kata-kata kasar. “elo udah enggak cinta lagi sama dia, Barlie!” gue sedikit memajukan badan gue dari sandaran kursi dan meneruskan kalimat gue. “elo Cuma kecanduan sama Hendi, tapi enggak cinta lagi sama orangnya!” serasa semua amarah gue keluar begitu saja dengan keluarnya kata-kata itu. gue kembali menyandarkan punggung gue ke sandaran kursi setelah melihat mata Barlie terlihat berkaca-kaca. Gue udah enggak sanggup lagi memberi kata-kata penyemangat pada Barlie seperti yang biasa gue lakukan.

“gue enggak pengen ngasih masukan buat kamu lagi. I give up. Elo udah terlalu keras buat gue lunakkan.” Gue meraih kunci mobil gue yang tergeletak di atas meja dengan terburu-buru. Segera gue beranjak dari kursi gue.

“gue mau pulang dulu” kalimat itu terdengar dingin di telinga gue sendiri. enggak seperti biasanya yang tiap gue ngasih sedikit gurauan ke Barlie seperti “minuman gue udah habis, nih. Enggak diisi ulang pula. Menurut gue, sih, elo emang nyuruh gue buru-buru pulang” diakhiri dengan suara kita berdua yang terbahak-bahak. Saat itu pun gue langsung menginjak pedal gas mobil gue dan langsung melaju untuk pulang.

Satu minggu berlalu, gue belum benar-benar bisa memaafkan Barlie. Tanpa diduga dia malah mengirimkan pesan singkat ke nomer gue. Gue buka pesan itu dan sedikit enggak percaya dengan apa yang gue baca di layar ponsel gue. “gue akhirnya putus sama Hendi” tulisan itu jelas sekali terbaca oleh gue. agak bingung dengan respon apa yang harus gue berikan, gue balas saja pesannya “terus sekarang gue harus gembira karena kamu udah lepas dari masalah atau malah ikut sedih karena harus kehilangan orang yang pernah kamu sayang?”. Awalnya mau gua tambahin emoticon :)) tapi gue takut dikira penyakit alay gua belum sembut, jadi gue urungkan niat gue itu. enggak lama setelah itu gue sengaja menelfon Barlie untuk sekedar menghibur karena baru saja mengalami hari yang cukup berat dan juga memutuskan untuk mengeluarkan keputusan yang berat pula.

“elo bilang gimana ke Hendi?” Tanya gue dengan maksud basa-basi. Paling enggak lebih baik daripada gue nanya “gimana kabar nenek kamu yang udah mati itu?”.

“ya gue bilang, aja kalo dia kayak gini terus gue enggak bisa nerusin hubungan kita” balasnya dengan suara yang tenang dan tak terdengar ada kesedihan di dalamnya.

“bagus, deh kalo menurut lo emang itu pantas buat dia” ucap gue sedikit bahagia karena akhirnya dia bisa bebas dari pacarnya itu.

Gue udah mulai kehabisan bahan pembicaraan kali ini, jadi gue memutuskan untuk tidak memulai pembicaraan. Ternyata dialah yang memulai dengan basa-basi. “gimana kabar nenek lo yang udah meninggal itu?”

“.…”

***

Tiga hari setelah kejadian putusnya Barlie dari Hendi, gue yang lagi nyari makan di salah satu restoran cepat saji (baca warteg) ngeliat Barlie lagi jalan sama Hendi berdua. Gue kaget. Barlie yang tiga hari lalu baru saja mutusin Hendi tiba-tiba muncul di depan gue jalan berdua dan gandengan. Gue mencoba untuk menahan emosi gue. Gue enggak emosi gara-gara cemburu. Gue lebih marah karena Barlie yang ngakunya udah bener-bener mau ninggalin Hendi, ternyata malah balikan lagi. Gue nahan hasrat gue untuk enggak langsung marah sama Barlie. Paling enggak gue harus bisa nahan sampe gue nyampe di rumah gue. dan ternyata benar, gue Cuma bisa sabar sampai gue nyampe rumah. Begitu gue nyampe rumah, gue merasa harus segera meluapkan amarah gue ke Barlie.

“Barlie, elo di rumah atau masih di luar?” gue kirim sms ke nomor Barlie. Enggak perlu nunggu lama, dia udah bales sms gue “gua di rumah kok. Ada apa?”. Langsung gue kirim pesan yang berisi “gue ke rumah lo sekarang, ya?!” tanpa nunggu balasan darinya, gue langsung memacu mobil gue. begitu gue sampe di depan rumahnya, gue baru nerima balesan darinya “yaudah gue tunggu di depan rumah kayak biasanya.” Dan ternyata dia udah di depan rumah nungguin gue.

“tumben mendadak main ke sini. Atau elo mau minjem duit lagi?” kata sambutan dari Barlie sambil tersenyum yang hanya gue bales dengan senyum kecil sambil menghempaskan tubuh gue ke kursi yang ada di depan Barlie.

“udah seneng, aja sekarang, yang kemaren baru putus dari pacarnya” sindir gue yang disambut dengan senyum dan sedikit kaget.

“elo udah tau ya kalo gue balikan lagi sama Hendi?” wajahnya seketika menegang. Terlihat antara malu dan takut yang mencampur di raut wajahnya.

Gue enggak mau berbasa-basi lagi “udah, kok!” gue menatap wajah Barlie sambil sedikit tersenyum “gua tadi udah lihat lo jalan bareng sama Hendi”. Mata Barlie terlihat seakan hampir pecah karena harus menahan air matanya. Kedua tangan Barlie mengusap wajahnya dengan maksud membendung air matanya.

“maafin gue karena udah jadi selemah ini”

“kalo elo tau sebenarnya lo lemah, kenapa lo harus balikan lagi sama Hendi?” suara gue sedikit membentak.

“gue lemah karena harus pisah sama Hendi” nafasnya terlihat tersenggal-senggal “makanya aku merasa harus balikan sama dia” air matapun meleleh menuruni pipi Barlie yang memerah. Bukan berarti jerawatnya mau pecah, tapi emang pipinya berwarna merah.

“lo tau enggak, sih, kalo lo udah diapain aja sama dia?”

“tapi gue enggak bisa kalo dia sampe pergi dari kehidupan gue!” teriakan Barlie sedikit menjerit kepada gue.

“tapi dia udah keterlaluan banget sama elo.” Jawab gue yang juga sedikit menjerit. “elo masih belum sadar juga, ya?”

“sadar apa lagi, sih? Sadar kalo gue udah kecanduan sama orangnya?” Barlie pun membalas dengan cepat. “udah berapa kali elo bilang kayak gini terus sama gue?” tambahnya tanpa tergesa-gesa. gue seperti udah terlalu larut dalam emosi gue sendiri, yang udah enggak tega lagi melihat penderitaan Barlie, gadis cantik yang terus-terusan menerima perlakuan kasar dari pacarnya.
Gue mulai menegakkan punggung gue “ya. Lo udah kayak pemakai ekstasi yang bakal ngelakuin apa aja asal lo enggak ditinggalin sama pengedar ekstasi itu”

“elo enggak tahu gimana rasanya jadi gue saat ini?!” tangisnya pun semakin menjadi meskipun terlihat ditahan oleh Barlie.

“gue tahu gimana keadaan lo sekarang, dan gue tau rasanya. Makanya gue bisa ngomong kayak gitu!” gue udah seperti pasrah dan sedikit membungkukkan pungggung gue sendiri setelah menghela nafas panjang. “gue udah enggak tahu gimana lagi caranya ngasih tahu lo. Gue enggak ingin ngurusin masalah lo sama Hendi lagi. mendingan lo nyari temen lain untuk membicarakan masalah lo sama Hendi, jangan sama gue” gue segera berdiri dan berjalan dengan langkah yang cukup panjang. Sesaat gue berharap agar dia berdiri dan mengejar gue, atau paling enggak dia minta maaf ke gue meskipun dengan teriakan dari balkon rumahnya. Tapi sampai gue berada di pintu mobil, dia hanya berdiri tertunduk di depan pintu rumah seperti hanya sekedar mengantarkan tamu yang hendak pulang dari rumahnya. Gue masih melihat dada Barlie yang naik turun karena menahan isak dalam tangisnya. Gue merasa seperti seorang pencuri yang baru menjarah semua kesenangan dari dalam diri Barlie. Sesungguhnya dalam posisi itu, gue adalah seorang polisi yang sedang menegur kesalahan yang dilakukan oleh pengendara motor, agar pengendara motor tersebut selamat dari mara bahaya.

Setelah kejadian itu, gue enggak menanyakan lagi hubungan Barlie dengan pacarnya. dia pun mengerti kalau gue enggak ingin dia cerita lagi sama gue. meskipun hubungan kita tetap akrab, gue enggak ingin mendengar sedikit saja cerita tentang Barlie dan Hendi. Kecuali berita itu adalah : Barlie menjadi lebih bahagia setelah putus dengan Hendi. Gue egois? Tentu.

1 komentar: