Jumat, 13 Juli 2012

Awal Mengenal Stand Up Comedy Indonesia

Hari ini, tanggal 13 juli 2012, adalah hari bersejarah bagi stand up comedy Indonesia. Di mana tahun lalu adalah hari lahirnya stand up comedy Indonesia yang di peringati dengan digelarnya acara stand up nite pertama di Indonesia. Saya sungguh bangga dengan adanya acara seperti ini di Indonesia.

Saya ingat sekali dulu saya benar – benar tidak tau apa itu stand up comedy, dan gak begitu peduli dengan adanya stand up comedy. Tapi, ketika saya semakin sering aktif di jejaring sosial twitter, kata stand up comedy menjadi semakin sering saya lihat di timeline saya. Sampai suatu ketika saya melihat salah satu akun (lupa siapa dulu yang nulis) ngasih tau kalo di metro tivi sedang ada stand up comedy show. Gak lama saya langsung nyalain tivi untuk mencari tau apa itu stand up comedy. Dan kebetulan waktu itu yang sedang perform adalah @miund. Dan dia sukses bikin gue ketawa – ketawa sendiri tengah malam (karna mainnya jam 22.30). tapi, setelah saya menonton acara itu, belum ada respon yang berarti dari saya. Gak ada niatan buat nonton rutin, apa lagi sampai ikut mendalaminya.

Tapi, semua berubah ketika negara api menyerang.

Eh.

Salah fokus.


Tapi, semua berubah ketika saya melihat tweet dari @shitlicious yang sedang ‘memamerkan’ video openmic-nya di twitter. Oke, saya kasih saja videonya di sini.


 



dan setelah saya selesai nonton, saya mencoba mencari yang lebih lucu lagi (tanpa maksud mengatakan kalo alitt gak lucu ya). Dan ternyata saya menemukan banyak sekali video stand up comedy Indonesia di youtube. Mulai dari stand up nite 1 sampai stand up nite 3. Dan sekarang saya baru sadar, kalau saya dulu benar – benar ketinggalan semua tentang stand up comedy. Dan sekarang saya merasa baru keluar dari dalam gua selama bertahun – tahun.

Tapi tanpa rasa malu sedikitpun, saya mulai mengejar ketertinggalan saya. Saya mulai menonton video stand up comedy Indonesia mulai dari stand up nite 1 sampai stand up nite 3. Dan ternyata sangat menyenangkan sekali.

Semakin lama, saya tidak hanya menikmati saja. Tapi saya mulai meneliti dan mempelajari. Dan ternyata, dengan semakin maraknya komunitas stand up comedy di tiap kota, saya menjadi semakin getol lagi dalam belajar stand up comedy. Dan benar apa yang dikatan oleh para comic profesional. Orang yang sudah sering nonton stand up comedy, pada saatnya nanti akan gatal dan ingin mencoba openmic. Dan benar saja, saya mulai ingin mencoba panggung stand up comedy. Tapi karna tempat tinggal saya yang di kota kecil, saya sedikit kesulitan untuk mewujudkan itu. salah satu komunitas stand up comedy yang paling dekat dengan tempat tinggal saya adalah semarang (@StandUpIndoSMG) sedangkan jarak rumah saya sampai ke tempat openmic memerlukan waktu 2jam lebih. Saya yang masih sekolah SMA (waktu itu) gak mungkin buat dateng.

Dan akhirnya, di jepara, tempat tinggal saya, mulai ada yang namanya komunitas komunitas stand up comedy (@StandUpIndoJpr). Saya yang sudah menunggu sekian lama, akhirnya mendapatkan wadah untuk menyalurkan semua yang sudah saya pendam sejak dulu. Saya benar – benar excite dengan komunitas ini. semakin banyak orang yang saya kenal di sini. Meskipun orang tetep aja nganggep saya gak terkenal, saya gak peduli. Selain menambah teman, dari sini juga saya menambah... follower saya (promosi dulu ah di @udaMakiyya).

Dan setelah saya memulai karir saya sebagai comic lokal, saya ingin memperkenalkan stand up comedy (dan diri saya sendiri) ke kota – kota kecil lain. Karna kebanyakan kota kecil kesulitan untuk memperkenalkan standup comedy karna comic yang terbatas. Bahkan di Jepara sendiri saja, kota saya, hanya ada sekitar 5 orang yang benar – benar menjadi stand up comedian. Dan saya ingin membantu kota – kota yang lain untuk memperkenalkan stand up comedy ke masyarakatnya untuk menjadi hiburan yang cerdas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar