Kamis, 21 Juni 2012

Cerita Tentang Sahabat Gak Pernah Sekeren Ini Bung!


Cerita yang terlalu panjang buat di tulis dalam sebuah cerpen, tapi terlalu pendek untuk di bukukan. Di mana (anggap saja) gue sebagai pemeran utamanya. Dan ini bakal jadi cerita yang keren menurut gue. dan berhubung pemeran utamanya adalah gue, dan penulisnya gue sendiri, gue juga bakal milih sendiri lawan main gue. yang pasti orangnya cantik, putih, dan anggun (aslinya mau ditambahin lebih tinggi daripada gue, tapi ntar dikiranya gue kuntet mendingan gak usah gue tulis). Meski bakal menimbulkan banyak kontroversi, gue gak peduli. Secara gue sendiri yang nulis, dan gue sendiri yang jadi pemeran utamanya , jelas dong gue gak mau rugi. Udah kebanyakan prolog nih kayaknya.


Cerita sebenarnya dimulai udah lama banget. gak mungkin gue tulis lagi di sini karna bakal ngabisin banyak waktu. Anggap saja kalian udah tau cerita perkenalan gue sama ini cewek. sebut saja namanya Alifa. Dia adalah perempuan blasteran (bokapnya cowok, nyokapnya cewek) yang berwajah putih, cantik bak model cover majalah anak muda. Awal perkenalan seperti biasa gue sebagai cowok (yang merasa) keren abis, berakting cool banget di depan dia. gue pertama kali ketemu dia pas gue lagi jalan bareng temen – temen gue, gak sengaja ketemu dia dan temen – temennya lagi jalan juga. Gue gak bisa bayangin kalo gue ketemu doi lagi ngesot di jalan. Temen gue yang emang udah kenal sama Alifa sejak lama langsung saling sapa. Gue yang harus tetep cool benernya udah pengen banget kenalan sama tu cewek. Dan sampai akhirnya, temen gue ngenalin gue sama doi.

“eh Uda! Kenalin nih temen gue” gue yang daritadi cuman diem di sebelahnya, kaget denger dia mau ngenalin gue sama temennya.

“oh, iya” tetep dengan gaya gue yang cool banget sambil kedua tangan gue di dalam saku celana. Prinsip gue satu, jangan mulai berkenalan sama cewek kalo bukan doi yang ngajak. Biar image cool gue gak rontok.

“kenalin.” Alifa memulai perkenalan dengan menyodorkan tangannya ke gue. “Alifa.”

Gue mulai menarik tangan kanan gue keluar dari saku celana dan menjabat tangannya. “Uda.” Dengan tampang yang tetep ‘dingin’ menyebutkan nama gue dengan mantap. Beberapa saat kemudian, hidung gue mimisan.

Bentar. Kenapa gue malah cerita perkenalan gue sama dia?!!!!

Beberapa hari setelah perkenalan itu, gue sebagai anak muda yang cool dan gaul, gue buka fesbuk. Gue skrol dari atas ke bawah, balik lagi ke atas, balik lagi ke bawah. Dan tanpa diduga, Alifa nge-add fesbuk gue. gue sempet kegirangan beberapa saat, sampai akhirnya gue sadar kalau saat itu gue masang foto profil gue yang di samping jendela sambil mangap. Dan gue yakin kalo di sampe tau foto profil gue itu, tingkat ke-cool-an gue pasti akan merosot 89%. Buru – buru gue ganti foto gue sebelum akhirnya gue terima permintaan pertemanan doi.

Cukup lama setelah gue sukses ‘berteman’ sama Alifa, akhirnya tiba masanya di mana gue online pas dia juga lagi online. Dan gak disangka – sangka dia lebih dulu ngirim pesan chatting ke gue. kira kira isinya seperti ini:

Alifa : halo
           Ini uda kan?
Uda : halo juga
          Iya ini Uda
          Situ alifa bukan?
Alifa : iya ini gue aliefa
           Foto profilnya kok di ganti sih?
          Keren loh padahal
           Hihihi

Kemudian gue langsung sign out dari fesbuk demi menghentikan percakapan yang bisa menjadi lebih memalukan lagi kalo sampe gue terusin.

Bulan demi bulan berlalu akhirnya gue merasa masa pertemanan gue udah sampe di fase berikutnya. Yaitu: minta nomer handphone. Tapi di luar bayangan gue, gue kira ketika gue minta nomernya bakal panjang dan berbelit belit. Paling gak akan ada pertanyaan “buat apa kamu minta nomer hape?” tapi gak sama sekali. padahal gue udah nyiapin berbagai macam alasan. Mulai dari “kalo lo butuh apa – apa, lo bisa bilang ke gue” atau “gue pengen kenal lo lebih dalem” sampe “gak apa – apa sih, cuman mau ngetes phonebook hape gue cukupnya berapa kontak”. Dan gue yakin alasan yang terakhir rasanya agak freak. Tapi ternyata begitu gue kirim PM ke fesbuknya dia langsung aja ngasih nomer hapenya. Gila, ini orang gampangan banget. ehhm.. sorry. Maksud gue bukan itu. Gila, ini orang gampang banget ngasih nomor hapenya ke gue. ato emang mungkin gue yang cool abis jadi dia makin penasaran sama gue. karna dari bebepara survey yang dilakukan oleh beberapa pakar percintaan, ditemukan bahwa, cowok yang memikat cewek adalah cowok yang membuat penasaran. Dan itu gue terapkan di kehidupan gue sehari – hari. Misalnya ada cewek nanya “rumah kamu mana?” gue akan jawab “mau tau ya? Mau tau aja ato mau tau banget?”. maka tingkat ke-kepo-an cewek itu akan semakin meningkat dan membuat kredibilitas cowok pembuat penasaran gue akan meningkat tinggi, berbanding lurus dengan tingkat ke-keren-an gue juga.

Dan sebagai cowok yang suka bikin penasaran gue gak mau langsung sms dia. gue kasih jarak antara 5hari sampai satu minggu. Dan dari perkiraan gue, begitu gue sms, dia pasti bakal bales “kok baru sms sekarang sih. Gue kan udah nunggu sms lu dari pertama gue ngasih.” Dan itu adalah momen paling keren. Sampai akhirnya tiba saat yang tepat buat sms dia. apa yang terjadi setelah gue ngirim sms?! Mau tau ya? Mau tau banget ato mau tau aja??. oke. Salah fokus. Begitu gue ngirim sms, ternyata 1 jam kemudian dia baru bales sms gue. dan tentu saja dia berhasil bikin gue penasaran setengah mati. Gila, gue yang mestinya bikin dia penasaran malah gue yang penasaran gara – gara dia.

Dan semakin lama, hubungan pertemanan gue sama Alifa semakin dekat saja. Sampai akhirnya, gue yang sedang main – main sama temen gue tiba – tiba ada satu pesan dari Alifa. Gue buka pesan itu dan gue baca “sepertinya kita perlu bicara secara langsung, bukan hanya sekedar melalui alat elektronik ini”. gue seneng banget baca pesan singkat dari dia. gue senyum – senyum, ketawa – ketawa, sempet pingsan juga gue waktu itu. gue berpikir sejenak. Gue harus nulis seperti apa agar dia juga bisa tersenyum ketika membaca balasan dari gue. akhirnya gue ketikkan di ponsel gue “dan yang pasti hanya berdua”. Hanya itu yang bisa gue kirimkan. Dan gak tau kenapa, hari – hari gue waktu itu dipenuhi dengan senyuman.

Tapi perjalan gue bersama Alifa nggak semulus di film ftv. Yang alur ceritanya seperti ini:
Kenalan à minta nomer hape à PDKT à ketemu lagi à jadian à hidup bahagia selamanya.

Setelah gue janji sama dia buat ketemu secara private berdua, ternyata janji itu belum terpenuhi. Sampai 2 bulan kemudian, kita berdua mendapat undangan acara pesta ulang tahun temen kita, dan dia janji bakal dateng. Tapi yang nggak pernah gue duga, dia bawa cowoknya. Gue yang dateng agak akhir, shock banget ngeliat dia yang sedang bersanding sama cowok. Gue kira sih cuman temen biasa karna dia gak pernah ngomongon soal cowok sama gue. gue tetep dengan gaya yang cool banget dateng ke tempat Alifa berdiri bareng cowoknya. “hai Alifa!” gue sengaja nyapa duluan karna dia lagi sibuk ngobrol sama temen – temennya.

“hai Uda. Long time no see” Alifa yang menyadari kedatangan gue langsung menyapa dengan senyum yang mekar indah di bibir yang merah sambil menjabat tangan gue.

“yes. How are you?” jawab gue sok inggris. Mungkin bila masih diteruskan percakapan bahasa inggris itu, akan lebih terlihat seperti anak SD yang sedang mengikuti kelas bahasa inggris. Seperti “how are you?”.
“i’m fine, thank you”.
“what is your name?”.
“my name is Uda”.
“where are you come from?”  dan seperti itulah percakapan yang bakal terjadi.

“baik banget dong. elu sendirian aja ke sini?”

“iya, elu sama siapa?”

“oh iya! Kenalin nih cowok gue. gue dateng bareng dia” dibarengi dengan tangan cowoknya yang di sodorkan ke gue dengan maksud untuk menyalami. Tapi berbeda dengan yang gue rasakan. Seperti ada palu Thor yang berada di tangan kanan gue, gue merasa berat banget untuk mengangkatnya. Agak kecewa ketika dia mengucapkan “kenalin cowok gue”. orang yang sebelumnya gak pernah cerita tentang cowok ke gue, tiba – tiba ketemu dan dia memperkenalkan pacarnya sama gue??

“oh iya. Gue Uda” sambil nyalamin tangan dia dan tetep kelihatan cool di depan Alifa.

“Hendi” jawab dia singkat.

“yaudah deh gue mau nyari temen – temen gue yang lain dulu. Lagian gue gak mau ganggu ‘bulan madu’ kalian” begitu selesai mengucapkan tanda perpisahan itu, gue langsung menjauh dari Alifa dan pacarnya. Tapi, gue tidak sepenuhnya menghilang dari dia. gue nyari tempat duduk yang bisa buat merhatiin apa yang dilakukan sama Alifa dan pacarnya. Dan ternyata, semakin lama gue merhatiin mereka berdua, semakin sakit pula hati gue. gue ngeliat mereka gandengan, ngeliat Alifa nyenderin kepalanya ke pundak Hendi, sampai yang paling puncak adalah Hendi yang pura – pura kelilipan biar Alifa mau niupin matanya yang kelilipan. Rasanya gue pengen banget datengin mereka berdua sambil bawa sendok dan nyukil mata si Hendi biar gak bisa kelilipan lagi.

Nggak terasa ternyata hari itu sudah gelap sekali. dan itu berarti udah waktunya gue untuk pulang. Setelah pamitan ke semua temen – temen gue segera meninggalkan tempat pesta. Perjalanan dari tempat pesta menuju rumah terasa lebih lama daripada saat berangkat tadi. begitu gue nyampe rumah, gue merasa melek gue gak berkualitas. Malam gue penuh dengan Alifa yang dateng sama pacarnya. Seperti kembali berada di tempat tadi, gue melihat Alifa sedang bermesraan dengan Hendi pacarnya tadi. gue gak tega buat nyeritain masa kelam gue waktu itu. mendingan gue skip aja deh yang itu. –tiiit—

Setelah kejadian itu, gue gak ngirim pesan singkat apapun ke Alifa. Gue berasa begitu gak enak buat menjalin keakraban dengan dia yang sekarang udah punya pacar. Tapi gue akhirnya gue sms dia juga. Dengan alasan mau menepati janji buat ketemu berdua, gue bilang sama dia “masih inget janji kita buat ketemu secara private? Gue sekarang mau nagih janji sekalian nepatin janji itu” begitulah kira – kira teks yang gue kirim ke dia. dan ternyata dia menanggapinya dengan positif. “with my pleasure. Jum’at besok gue bakal ngeluangin waktu gue buat nepatin janji kita”.

Hari jum’at seperti yang sudah dijanjikan, gue udah jemput dia di rumahnya dan langsung menuju salah satu restoran yang ada di sekitar sana. Begitu duduk dan memesan makanan secukupnya gue langsung memulai basa – basi. Sampai akhirnya gue sampai di topik utamanya. “elu punya pacar kok gak bilang – bilang sih sama gue” begitu gue rasa waktunya tepat untuk menanyakan hal itu.

“bukannya gue gak mau bilang sih, tapi gue juga bener – bener gak ada niatan pacaran sama gue”

“maksut kamu?”

“ya habis, gue nungguin orang yang udah deket sama gue selama berbulan – bulan gak mau juga nembak gue. dan kebetulan Hendi nembak gue lebih dulu. Padahal gue udah nunda jawaban gue ke Hendi selama 2 minggu buat mastiin cowok yang gue tunggu bakal nembak gue atau enggak. Dan ternyata dia tetep aja gak mau nembak gue. yaudah gue terima aja.” gue yang mendengar penjelasan Alifa seperti itu, rasanya seperti dibawa terbang tinggi ke langit, begitu nyampe langit pengaman gue dilepasin begitu saja. Seperti sky diving tanpa parasut, atau roller coaster tanpa sabuk pengaman.

“terus kalo gue bilang sekarang, apa yang bakal kamu lakukan?” gue agak memberanikan diri untuk bertanya seperti itu, dan gue harus siap apapun jawabannya saat itu.

“gue Cuma bisa menghargai kalo kamu bener – bener ada rasa sama gue. tapi gue gak mungkin menyakiti perasan Hendi dengan ninggalin gitu saja. Gimana kalo kita sahabatan aja?” dan bener aja apa yang dia bilang ke gue waktu itu. untungnya gue udah mempersiapkan untuk jawaban seperti itu. sekarang gue tau apa itu namanya friendzone. Dan itu bener – bener gak asik.

“makasih ya kamu udah ngasih gue tempat yang spesial buat gue sebagai sahabat. Tapi gue gak pengen jadi orang yang jatuh cinta sama sahabatnya. Gue lebih milih jadi temen biasa yang punya kesempatan untuk menjadi kekasih kamu. bila memang ada kesempatan itu suatu saat nanti” gak tau kenapa gue tiba – tiba mellow banget di depan Alifa saat itu. Sisa masa pertemuan gue waktu itu hanya berisi guyonan garing. Menertawakan sesuatu yang sebenarnya gak lucu sama sekali. ketawa yang bila orang lain dengar pasti akan mengatakan “kasian amat mereka gak bisa ketawa tapi dipaksa”. Dan akhirnya gue yang udah merasa garing banget memutuskan untuk mengajaknya pulang. Setelah itu juga gue memutuskan untuk nggak ngirim sms ke dia. gue ingin membuat semuanya mengalir tanpa campur tangan gue. seperti sumber air yang ada di pegunungan, mengalir karna kehendaknya sendiri. Bukan seperti sawah yang di-air-i, tak akan mengalir tanpa campur tangan manusia atau makhluk hidup lain.

Entah sudah berapa lama gue gak tau kabar dari Alifa, akhirnya gue merasa harus menghubungi dia. gue sms dia “hai. Gimana kabarnya? Udah lupa ya sama gue?” yang sebenernya berada di draft adalah “gue kangen banget nih sama elu. Kamu kok gak kangen sih?”. dan ternyata Alifa me-reply pesan gue dengan positif. “baik kok kabarnya. Kamu sendiri gimana kabarnya?”.”baik juga dong pastinya. Gimana kabar kamu sama Hendi? Lancar kan?” padahal sebelumnya yang gue ketik “kapan kamu putus sama Hendi?”. Kemudian dia bales sms gue “baik kok sampe sekarang sih lancar aja.”. “kamu tuh ya. Udah punya pacar jadi lupa sama gue ini”. “gue gak pernah lupa sama kamu lagi. siapa sih yang bakal lupa sama sahabatnya.” Entah kenpa begitu gue baca pesan yang seperti itu tiba – tiba emosi gue langsung meluap seketika. Dan pesan yang gue kirim selanjutnya malah berisi omelan yang gak jelas. “oh jadi kamu nganggep aku sahabat ya? Yang bakal kamu cari tiap kamu ada masalah. Orang yang hanya digunakan untuk mendengar semua masalahmu. Orang yang melihat semua air matamu. Orang yang selalu kamu minta pendapatnya untuk memecahkan masalahmu. Dan ketika kamu bersenang – senang sama pacar kamu, sahabat kamu akan kamu tinggalkan begitu saja.” Dan tanpa sadar ternyata gue sudah menekan tombol ‘send’ dari ponsel gue. “apa emang gue orangnya seperti itu?” tulisan dengan pengirim ‘Alifa’ itu diterima di hape gue. gue merasa bersalah karna ngomel – ngomel gak jelas seperti tadi. “gak kayak gitu sih. Tapi kebanyakan orang memperlakukan sahabat seperti itu” setelah pesan gue itu gak ada lagi sms yang masuk ke hape gue. entah Alifa sedang merenung atau kehabisan pulsa.

Tapi kedekatan gue sama Alifa gak sampe situ doang. Setelah itu dia jadi lebih sering sms gue. tapi gak pernah dia membagi cerita bahagia sama gue. tiap kali dia ada masalah sama cowoknya, dia selalu nyariin gue. entah sekedar dengerin cerita doi atau sampe memberi saran untuk kelanjutan hubungannya. Andai gue punya niatan buruk untuk mengobrak – abrik hubungan mereka, gue adalah orang paling bepengaruh. Tapi, gue selalu menjaga hubungan mereka tetap pada jalurnya. Sekarang gue merasa seperti petani yang tidak hanya mengairi sawahnya sendiri. gue juga membantu membuka penyumbat air milik sawah orang lain agar tetap teraliri oleh air. Dan sampai pada akhirnya, Hendi mengetahui kedekatan gue sama Alifa. Kedekatan yang memang sebenarnya tidak biasa. Lebih dari seorang teman, atau menurut Alifa sahabat, tapi tidak sampai ke batas kekasih. Hendi yang mengetahui kedekatan gue dengan Alifa itu merasa tidak suka. Hendi nyuruh Alifa buat ngejauhin gue, bahkan kalo bisa putus kontak dari gue. gue tau keputusan Hendi itu dari Alifa sendiri yang tiba – tiba nelfon gue dan ngomong dengan nada agak tergesa – gesa “Uda, sorry ya gue disuruh sama Hendi buat jaga jarak sama kamu. tolong ya kamu ngerti keadaan gue gimana sekarang.” Kemudian hanya suara “tutut” yang berarti telefon diputus. gue ada sedikit rasa gak terima dari perlakuan Hendi. Gue yang selalu ngejaga hubungan Alifa dan Hendi tetap baik, tapi malah disuruh untuk ngejauhin. Gue ngerasa gak adil dengan keputusan itu. tapi anehnya gue tetep lapang dada sama dan nerima keadaan itu.

Seperti sudah lupa semua keputusan itu, beberapa minggu kemudian Alifa mengirim pesan yang bener – bener bikin gue kaget. “gue udah berusaha ngasih yang terbaik buat Hendi, ngasih perhatian yang lebih buat dia. tapi kenapa dia malah sering uring – uringan gini?” gue baca lagi pesan itu untuk memastikan apakah sms itu memang ditujukan buat gue atau dikirim kek beberapa kontak yang ada di ponselnya. Tapi gue sadar kalo itu emang bener – bener dikirim Cuma ke nomer handphone gue. gue sempat nulis “kok kamu nanya ke gue sih? Kan elu mestinya jaga jarak sama gue” tapi setelah gue pikir beberapa saat, gue hapus tulisan yang ada di layar hape gue. gue ganti dengan “mungkin dia sedang ada masalah. coba kamu kasih waktu spare buat dia agar dia bisa sedikit menghirup nafas lega.” setelah disakiti, gue masih tetep bisa ngasih saran secara Cuma – Cuma. Tanpa rasa dendam sedikitpun. Memang seperti itulah sahabat. Selalu siap bila kau datang dengan masalah pacarmu. Tapi pacar akan marah kalau kamu datang dengan berita gembira bersama sahabat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar