Kamis, 21 Juni 2012

Cerita 2 Hari di Semarang (part 2)


Setelah mengikuti acara bang Dika selama kurang lebih 2 jam, gue pun meninggalkan ruangan itu. sendirian. Sama kayak pas gue dateng ke tempat itu. gue tau sebenarnya gue adalah satu – satunya anak SMA yang ikut acara itu. merasa seperti alien, gue buru – buru sms kakak gue buat ngasih tau kalo acaranya udah selesai. Gue nunggu beberapa saat sampai akhirnya kakak gue dateng juga. Di saat itu juga gue berharap banget kakak gue nawarin gue makan. Bayangin aja, seharian gue cuman makan mie instan, itupun jam 5 pagi, kebayang gak tuh?? Gak ya? Yaudah deh kalo emang gak. dan ternyata benar kakak gue menyambut gue dengan berkata “mau makan apa sekarang?” mendengar kata itu keluar dari mulut kakak gue, gue girang banget. akhirnya gue bisa makan juga sekarang. Dan yang bikin gue lebih girang, GUE BAKAL DI TRAKTIR!!! GRATIS!!!  “ngikut aja deh gue” gue jawab dengan gaya sok cool banget biar gak begitu keliatan kalo gue kelaperan. “yaudah, mie ayam ato steak?” kakak gue nawarin 2 menu makanan yang bisa gue pilih sore itu. gue berfikir sejenak. Gimana bisa kakak gue yang udah jadi dosen di salah satu universitas swasta di Semarang, ngasih pilihan yang timpang. FYI, steak, adalah makanan khas eropa yang berupa daging yang dihidangkan tanpa nasi dan bisa jadi akan sulit di cerna oleh usus gue yang lebih sering makan nasi 3kali sehari. Sedangkan mie ayam, sering banget gue makan sejak kecil dan tentunya lebih gampang beradaptasi meskipun nggak menggunakan nasi pada penyajiannya. Biar gak kelihatan begitu bodoh, gue jawab dengan agak tergesa – gesa. “steak!!”. Kakak gue kelihatan gak begitu terkejut dengan pilihan gue yang tegas. malah seperti sudah tau jawaban yang bakal gue lontarkan ketika gue lihat dia sedikit tertawa kecil dan terus tersenyum begitu gue berhenti bicara. “oke! Ayuk berangkat sekarang aja”


Cuma butuh waktu 5menitan untuk mencapai tempat itu. dari depan terlihat papan bertuliskan “WARUNG STEAK” dengan latar belakang warna kuning. Di dalam warung terlihat banyak sekali orang yang duduk berkerumun di tiap meja berbentuk persegi yang memiliki satu kursi di tiap sisinya. “kak, kok banyak banget orang makan di sini?”.  Kakak gue tersenyum bentar, lalu menjawabnya dengan santai “kalo banyak orang buang air namanya WC umum dong”. lalu terjadi hening yang cukup lama. Memang penuh banget tempat itu pas gue dateng. Mungkin aura kegantengan gue udah bikin banyak orang penasaran dan ingin melihat gue secara langsung. Saking ramenya tempat itu, gue yang sedari tadi celingukan nyari meja kosong belum nemu juga. Gak lama, gue ngeliat cowok dengan baju kuning berlengang pendek dan make celana item dateng ke arah gue sambil menggennggam beberapa keping uang receh. “ini mas uangnya. Gak usah lama – lama di sini kalo cuman minta duit” pegawai warung steak itu bilang ke gue sambil ngulurin tangannya dan naruh uang receh di tangang gue. mungkin tampilan gue yang acak – acakan banget waktu itu udah mirip anak (yang ngaku) punk yang udah berpindah tidur dari satu indomaret, ke indomaret yang lain. Tapi gue ke sana buat makan. Bukan buat minta – minta. Kakak gue yang celingukan di pojok yang berlawanan dari gue, datengin pegawai yang berdiri di depan gue. “mas, masih ada meja yang kosong?”.

“masih ada pak. Silahkan lewat sini”. Pegawai ‘warung steak’ menjawab kakak gue yang berpakaian lebih rapi dengan sopan sekali.

“ternyata masih ada tempat. Ayuk Ud ngapain juga berdiri di sini terus” terlihat kakak gue ngomong sama gue. ngeliat itu si pegawai langsung bengong. “maaf pak, ini temen bapak?”

“ini?” tanya kakak gue sambil nunjuk ke arah gue dengan nada yang terdengar bingung. “ini adek saya. Kenapa emang?”. Muka pegawai itu keliatan banget antara kaget, bingung, malu, takut dan gugup. Sedangkan muka gue keliatan laper. “maaf mas. Kirain masnya ke sini mau minta – minta.” Pegawai itu langsung aja nyamperin gue tiba – tiba  dengan muka merah seperti baru terkena bola yang ditendang sama si Madun. “Sekali lagi maaf ya mas. Silahkan mas lewat sini aja mas”. kakak gue ngeliatin gue bingung. “ada apaan sih?” kakak gue masih bingung, apa yang terjadi dalam waktu kurang dari satu menit. “ntar aja deh kalo udah selese makan aku ceritain.”

“silahkan mas duduk sini dulu, biar saya ambilkan daftar menunya”. Pegawai itu langsung nyelonong ke meja kasir, tempat di mana daftar menunya ditempatkan. Gak lama, pegawai tadi udah dateng lagi ke tempat gue duduk bareng kakak gue sambil menyodorkan daftar menu. mukanya masih keliatan merah karna malunya yang akut. “ini daftar menunya mas. Silahkan”

“makasih mas” gue jawab sambil tersenyum manis seolah – olah dia gak bikin kesalahan apapun sama gue, saking manisnya sampe mulut gue dikerubutin semut, bahkan ada yang sempet bangun rumah susun di mulut gue.

Gue baca – baca menu yang tertulis di sana. Ada tulisan ‘chicken cispy steak’, ada ‘sirloin steak’, ada juga ‘beef black pepper steak’. gue mengambil kesimpulan : ini restaurant khusus steak. “dabel sirlion stik-nya satu ya mas” kakak gue ternyata udah nentuin makanannya. Gue yang sedari tadi masih mencoba memahami setiap tulisan yang terlihat di menunya, masih belum membuat keputusan. “enaknya apaan ya?” gue sok bingung memilih menu yang cocok buat keadaan gue, padahal bacanya aja gue mesti bolak – balik ngulang 4kali. Dan akhirnya gue nyerah “sama kayak kamu aja deh kak”.

“Minumnya mas?” tanya pelayan itu kembali. “orange jus aja deh” gue jawab sekenanya aja. kakak gue pun menggandakan pilihan itu. setelah mengulang menu yang kita pesen, pelayan itu langsung meninggalkan meja tempat gue duduk bareng kakak gue. beberapa saat kita berdua sibuk dengan ponsel masing – masing. Sampai tiba – tiba pelayan tadi datang membawa satu gelas berisi es batu dan susu kental yang bertumpuk dengan sirup bersama satu botol soda. “silahkan mas soda gembiranya” pelayan itu menyodorkan gelas dan botol itu. kita berdua kaget.

“mas, kita gak pesen soda gembira” kakak gue langsung menolak minuman itu. takutnya kalo bayarnya lebih lagi.

“iya mas. Ini permintaan maaf saya buat masnya ini” gue sempet nahan ketawa pas pelayan ngomong kayak gitu. meskipun agak gondok kalo inget kejadian tadi. langsung saja pelayan itu meninggalkan meja kita berdua.

“emang tadi ada apaan sih? Kok sampe ngasih soda gembira sebagai permintaan maaf gini?” kakak gue penasaran. Dan akhirnya gue menceritakan semua kejadian memalukan tadi. gue berharap dia bersimpati atau paling tidak marah buat gue. tapi dia malah ketawa. Gue sebagai adik satu – satunya merasa hina.

Setelah selesai di rumah makan itu, kita langsung menuju kos kakak gue yang nggak jauh dari sana. Begitu masuk kamarnya, seperti melihat belum pernah melihat kasur dan menikmati ke-empukannya, gue langsung roboh tepat di atas kasur. Kakak gue yang juga capek, ikut roboh di sebelah gue. Entah kenapa, kakak gue tiba – tiba nyeletuk. “mandi dulu sana. Daripada entar dikira  pengemis lagi sama bu kost-nya” gue yang jadi teringat peristiwa tadi langsung saja berdiri dan menuju kamar mandi. daripada gue diusir sama ibu kost karna dikira gue anak punk yang nerobos masuk kost-annya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar