Rabu, 25 Februari 2015

Kepikiran Bikin Video

Halo semuanya! kali ini gue mau sedikit sharing tentang keresahan gue. Beberapa hari ini gue lagi liburan semester kuliah yang berarti gue punya cukup banyak waktu buat gue habisin dengan tidak bermanfaat. misalnya nontonin video di youtube. Dari situ, gue merasa bahwa banyak sekali orang-orang yang mengupload videonya dengan konsep dari diri mereka masing-masing. Beberapa ada yang bener-bener lucu dan menarik, beberapa berakhir dengan "video apaan ini!!!" terlepas dari itu semua, gue tetap mengapresiasi hasil usaha mereka. Meskipun itu ngeselin.

Menurut gue sendiri, beberapa video yang ngeselin itu sebenarnya cukup menarik untuk disimak karena bene-bener diambil dari kehidupan sehari-hari yang ada di masyarakat sosial. Sayangnya mereka mengemasnya dengan cara yang menurut gue terlalu berlebihan. seperti penggunaan backsound yang terlalu standard atau penggunaan efek video yang terlalu berlebihan. Inilah yang memicu gue buat ikutan bikin video.

Gue sendiri merasa banyak sekali ide yang bisa diambil. Misalnya dari materi stand up komedi para komika Indonesia. Di sini gue kepingin memvisualisasikan bit-bit mereka ke sebuah video pendek. Bukan video panjang juga, sih. Sasaran gue buat video di Instagram yang maksimal 15 detik. Masalahnya gue kekurangan orang untuk merealisasikan hal itu. Gue meminta bantun temen-temen untuk ikut mengobati rasa resah gue selama ini. Tapi ini adalah proyek "seikhlasnya" jadi ngga ada bayaran untuk tiap peran yang temen-temen ambil karena gue sendiri budgetnya pas-pasan. 

Konsepnya begini: seperti yang gue bilang tadi, gue bakal ngambil materi dari komika, tentunya setelah mendapat ijin dari orang bersangkutan, untuk memindahkannya dalam bentuk visual. Videonya bukan video yang panjang, paling cuma 15 detik biar bisa dibagi di Instagram nantinya. Untuk konsep videonya tergantung nanti materi apa yang gue pake nanti. Yang pasti gue pengin yang elegan dan dewasa karena itulah video yang pengin gue tonton selama ini. Gue juga nggak memaksa buat pake kamera yang kualitas tinggi dan juga lighting wah. Menurut gue ngga masalah pake kamera handphone karena memang budgetnya pas-pasan. yang penting hasil dari penyampaian video itu mulus.

Yang gue butuhkan: jelas yang utama adalah pemeran sketsanya. Gue sendiri sepertinya ngga bakal ikut main di sketsanya karena dua faktor: gue ngga bisa akting dan gue ngga kepingin orang mengira ini video misteri dengan adanya muka gue di situ. Selain pemain, gue juga butuh orang yang mau bantuin gue buat edit videonya.

itu aja, sih, yang gue butuhkan. Untuk kembali mengingatkan, ini adalah proyek seru-seruan. jadi jangan terlalu berharap profit kalau mengikuti proyek gue ini. Tapi gue bakal bersyukur banget kalo gue bisa menghasilkan profit dari kreatifitas. Mungkin itu yang bisa gue share bareng temen-temen semua. Kalo dari dari temen-temen ada yang berminat untuk ikut di proyek gue ini, bisa tulis di kolom komen atau kirim ke email gue. Gue berharap banget bantuan temen-temen semua buat bantuin gue karena gue yakin ini bakal keren banget. Kalo kalian emang punya passion di akting, kalian bisa jadi pemeran di proyek ini. Atau kalau kalian lebih punya passion di belakang layar, masih banyak peran seperti video editor, kameramen, penulis skenario, atau director buat bantuin gue ngedirect pemainnya nanti.

oh, iya. Sebagai informasi, karena gue domisili di Semarang, gue bakal lebih konsentrasi orang-orang yang mau bantuin gue bikin proyek ini di Semarang. Buat yang ngga punya waktu buat ke Semarang, semoga gue punya cukup duit buat bikin video di luar Semarang. Terima kasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar