Rabu, 14 November 2012

Someplace, I Called It "Home"


Selama kuliah ini, gue tinggal serumah sama kakak kandung gue. Gak Cuma sama kakak kandung gue tapi juga sama istrinya. Mereka berdua baru menikah beberapa bulan yang lalu. Mungkin sekitar setengah tahun umur pernikahan mereka. Rumah yang ditempati bareng gue pun belum lama dibeli. Baru beberapa hari sebelum gue kuliah mereka mulai pindahan ke rumah itu. Cukup jauh sih dari kampus gue, tapi paling enggak gue udah nyelametin beberapa ratus ribu rupiah tiap bulannya yang mestinya dipake buat bayar kost-an bias gue pake buat yang lain. Misalnya gue tabung buat beli rumah sendiri. Sebenarnya sih niatnya mau ditabung buat beli PS3, tapi kenyataannya adalah habis buat foya-foya. Maklum, anak desa yang baru pindah ke kota ya kayak gini.

Tapi ada yang berbeda dari rumah yang gue tempati bareng kakak gue itu. Dari hari pertama gue tinggal di sana, gue gak ngerasa resah sedikitpun. Waktu malam pertama pun, gue bisa tidur dengan nyenyak. Padahal kamar gue di sana enggak lebih nyaman dari rumah gue. Biasanya kalo gue nginep di hotel aja, gue harus tidur di kasur biar bias nyenyak. Kalo di bathub gue agak susah tidur. Apalagi kalo bathub-nya penuh air.
Tapi di rumah kakak gue, gue baru lihat kasur gue yang udah tertata dengan dua bantal di bagian atas dan juga satu guling di sebelah kiri, mata gue udah kayak gak tega buat melek lebih lama. Mungkin lebih ke sifat gue yang pemalas, sih, sampek gue bisa kayak gitu. Tapi gue tetep ngotot kalo rumah itu punya aura yang berbeda. Nyatanya, selama gue kuliah (sekitar 3 bulan) gue baru pulang ke kota halaman gue (sorry, rumah gue bukan di kampung) tiga kali. Dan dua di antaranya di karenakan liburan. Jadi bisa dikatakan kalo gue baru sekali pulang ke kota halaman gue. Dibandingkan dengan beberapa temen gue yang bukan asli Semarang, gue adalah mahasiswa yang paling jarang pulang ke kota asal.

Dengan adanya itu gue mulai meraba-raba sambil bertanya “di mana titit gue, ya?”

Eehhmmm….

Bukan itu. Maksud gue adalah gue mempertanyakan apa yang bikin gue sampe betah banget tinggal di rumah kakak gue. Dan ternyata yang membuat gue betah adalah: gue hidup bersama keluarga gue. Iya. Tentunya, tinggal bersama kakak gue, meskipun cuma satu orang, tetep bisa membawa atmosfir yang biasa ada di rumah kita sebelumnya. Beda dengan di kost. Di kost-an kamu cuma hidup bersama orang-orang baru. Dari berbagai macam keluarga. Ada yang dari keluarga baik-baik. Ada yang dari keluarga kurangbaik-kurangbaik. Ada juga yang dari keluarga jelek-jelek. Mereka itu ibarat poster-poster yang ada di kamar. Hanya hiasan yang bikin kamu gak bosen aja. Kalo keluarga itu ibarat tembok, lemari baju, dan tisu basah yang ada di kamar. Penting. Dan yang paling bikin gue suka pas di rumah kakak gue adalah makan gratis sehari 2kali dan tetep dapet uang jajan buat makan tiga kali sehari. Hehe.

Gue gak pernah menyebut itu rumah kakak gue. Kalaupun gue bilang kayak gitu, itu cuma karena hak kepemilikan rumah itu. Tapi sampai saat ini gue menyebut tempat itu sebagai ‘rumah’. *menurut ngana! Mau lo sebut kampus bimbel?!*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar